Mahasiswa UIN Palu juara II nasional lomba debat hukum

id Mahasiswi uin palu,Uin palu,Lomba debat hukum,Prof Sagaf Pettalongi,Yuyun

Mahasiswa UIN Palu juara II nasional lomba debat hukum

Yuyun dan dua rekannya serta dosen pendamping Besse Tenriabeng Mursyid M.H foto bersama usai menerima piagam dan tropi juara dua nasional lomba debat di kampus IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022) (ANTARA/HO-Humas UIN Palu)

Palu (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah,  berhasil meraih juara II nasional pada lomba debat hukum yang diselenggarakan oleh Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Jawa Timur.

"Iya, prestasi ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus mengasah kompetensi," ucap Ketua Tim Debat UIN Datokarama Yuyun Andriani Agus, dihubungi dari Palu, Kamis. 

UIN Palu melalui Fakultas Syariah mengutus Yuyun Andriani Agus dan Intan Nur Ilma, masing-masing mahasiswi program studi hukum keluarga, serta Muh Fajar Rizky, mahasiswa program studi perbandingan mazhab. Mereka satu regu/tim pada lomba tersebut.

Mereka bersaing dengan dua regu dari dua perguruan tinggi pada babak final lomba debat hukum tersebut, di IAIN Ponorogo, Rabu (27/7), dan dewan juri memutuskan mereka meraih juara dua pada penampilan babak final. 

Yuyun mengatakan, sebelum masuk pada babak final, ia dan dua rekannya terlebih dahulu bersaing dengan tujuh tim dari tujuh perguruan tinggi pada babak semi final yang diselenggarakan secara daring. 

Mereka berhasil meraih 262 poin, sekaligus mengantar mereka untuk masuk pada babak final.

"Pada babak semi final, terdapat delapan tim dari delapan perguruan tinggi yang bersaing tersebut tim dari UIN Palu. Dari babak semi final ini, ditetapkan tiga tim lolos ke babak final termasuk kami dari UIN Palu," ujar Yuyun.

Pada babak final itu, mereka berhasil meraih 536 poin, sementara regu/tim dari UIN Surabaya 539 poin dan tim IAIN Ponorogo 525 poin. 

Yuyun bercerita bahwa mereka mengikuti lomba debat hukum tersebut berawal dari informasi yang disampaikan oleh Dosen Fakultas Syariah UIN Palu Besse Tenriabeng Mursyid M.H, yang sekaligus menjadi official mereka pada lomba tersebut.

Mereka mulai menyiapkan diri dan melakukan pendaftaran secara online pada 10 Juli 2022, dan berdasarkan hasil seleksi administrasi oleh panitia dan penilaian karya tulis ilmiah oleh dewan juri dinyatakan kelompok Yuyun berhak masuk ke babak selanjutnya.

Mereka berharap UIN Palu dapat memberi perhatian kepada setiap mahasiswa yang mengikuti lomba atau kegiatan - kegiatan baik tingkat daerah dan nasional. 

"Kami bangga karena dapat mengharumkan nama fakultas dan universitas melalui lomba debat hukum ini. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada pimpinan UIN Datokarama serta seluruh dosen yang telah mendukung dan memberikan dorongan kepada kami untuk mengikuti lomba ini," ungkapnya.

Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi mengapresiasi Yuyun dan dua rekannya yang telah berhasil meraih juara II nasional lomba debat hukum.

"UIN Palu memberikan perhatian secara berkelanjutan kepada mahasiswa ditandai dengan dukungan UIN terhadap kegiatan - kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa," ujarnya.

UIN Palu memprioritaskan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia mahasiswa, bakat dan minat serta keterampilan mahasiswa, yang dilakukan secara berkelanjutan lewat program pembinaan.
Yuyun dan dua rekannya menerima piagam dan tropi juara dua nasional lomba debat di kampus IAIN Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022) (ANTARA/HO-Humas UIN Palu)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022