Pemerintah semprotkan disinfektan-pengasapan di lokasi banjir Torue

id Dinkesaparigi, disinfektan, fogging,Ellen,Pemkabparimo, banjir bandang, Torue, Parigi Moutong, sulteng

Pemerintah semprotkan disinfektan-pengasapan  di lokasi banjir Torue

Warga terdampak banjir bandang di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah membersihkan sisa-sisa material lumpur, Rabu (3/8/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menyemprotkan cairan disinfektan dan melakukan pengasapan (fogging) di lokasi banjir bandang Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah guna mencegah penyebaran penyakit.

"Saat ini sudah mulai timbul bau tidak sedap, begitupun jentik-jentik nyamuk sehingga saya memerintahkan staf melakukan penyemprotan disinfektan dan pengasapan sebagai bentuk pencegahan," kata Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong Ellen Ludya Nelwan ditemui di Torue, Rabu.
 
Ia mengemukakan, genangan air dan tumpukan kayu bekas banjir rentan menjadi sarang nyamuk, serta tumpukan sampah mengundang kerumunan lalat pembawa bakteri, sehingga perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan penyakit.
 
Pengasapan dan penyemprotan carian disinfektan dilakukan di rumah-rumah warga, genangan air dan tempat-tempat sampah supaya bakteri tidak berkembang biak karena hingga saat ini masih banyak aktivitas di dapur umum menyiapkan makanan siap saji untuk korban bencana.


 
"Kami mencegah timbulnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan malaria. Termasuk diare maupun penyakit kulit, karena sejumlah warga sudah ada yang mengeluh diare dan penyakit kulit," ujar Ellen.
 
Guna mendukung giat penyemprotan dan pengasapan, Dinkes didukung tiga alat semprot dan tiga alat fogging. Untuk sementara, rumah warga dan titik-titik pengungsian serta posko relawan kemanusiaan diutamakan penyemprotan terlebih dahulu.
 
Rencananya, giat tersebut berlangsung selama tiga hari ke depan di bantu relawan kesehatan lingkungan dari Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Palu.
 
"Setelah posko pengungsian, rumah warga terdampak dan posko relawan kemanusiaan tertangani, selanjutnya kami bergerak menyasar fasilitas umum, dan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Torue," tutur Ellen.
Kepala Dinas Kesehatan Parigi Moutong, Ellen Ludya Nelwan memberikan keterangan terkait penyemprotan carian disinfektan dan pengasapan (fogging) di lokasi banjir, di Torue, Parigi Moutong , Rabu (3/8/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Di posko induk kesehatan milik Pemkab Parigi Moutong, katanya, tidak hanya melayani pemeriksaan kesehatan tetapi juga ikut berpartisipasi mendistribusikan logistik kepada korban bencana.
 
Karena, tidak sedikit petugas Dinas Kesehatan dari daerah lain menitip bantuan logistik mereka untuk disalurkan kepada warga.
 
"Hingga hari keenam setelah banjir, stok obat-obatan di posko kesehatan masih memadai, dan tim relawan kesehatan juga masih konsisten melayani warga," demikian Ellen.*
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah semprotkan disinfektan-pengasapan di lokasi banjir Torue