Pemprov Sulteng bantu pengembangan UIN Datokarama bangun SDM unggul

id UIN Datokarama,Idhan,Pemprov Sulteng,Gubernur Sulteng,Rusdy Mastura

Pemprov Sulteng  bantu pengembangan UIN Datokarama bangun SDM unggul

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kiri) berbincang dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Datokarama Dr M Idhan, di Kantor Gubernur Sulteng, di Palu, Selasa (16/8/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membantu pengembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama untuk optimalisasi pembangunan sumber daya manusia unggul di daerah tersebut.

"Pemerintah daerah berupaya untuk memaksimalkan pembangunan sumber daya manusia yang salah satu strateginya yaitu sinergi dengan perguruan tinggi," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Selasa.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menerima kunjungan silaturahim UIN Datokarama yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr M Idhan. Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Gubernur Sulteng, di Palu, Selasa.

Dalam pertemuan itu, Rusdy Mastura mengatakan dukungan Pemprov Sulteng terhadap UIN Datokarama terkait dengan pembinaan keterampilan mahasiswa disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan.



"Kami akan membantu, namun disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan, karena UIN adalah perguruan tinggi negeri milik negara yang dikuasai oleh pemerintah melalui Kementerian Agama," kata Rusdy Mastura.

Selain mengenai pembinaan keterampilan mahasiswa, ujar dia, Pemprov Sulteng juga mendukung pengembangan UIN Datokarama meliputi kampus satu di Jalan Ponegoro Kota Palu dan kampus dua di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Untuk kampus satu, Gubernur Rusdy mendukung peralihan aset berupa sebagian lahan Taman Budaya Golni dialihkan ke UIN Datokarama untuk dijadikan pusat pembinaan dan pengembangan keterampilan mahasiswa.

Sementara untuk kampus dua, dia juga mendukung penyerahan sebahagian aset berupa tanah milik negara yang ada di Pombewe, untuk diserahkan kepada UIN Datokarama.

"Jika itu tanah negara, kenapa tidak. Prinsipnya Pemprov Sulteng membantu pengembangan UIN Datokarama," ujarnya.



Rusdy Mastura meminta kepada UIN Datokarama agar segera membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Gubernur Sulteng untuk menjadi dasar dalam memproses permohonan UIN, demi percepatan pembangunan sumber daya manusia di Sulteng.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama UIN Datokarama Dr M Idhan mengatakan atlet Sulteng atas nama Firdha Nurul Aswa dan Danil Mahondra berhasil meraih prestasi pada kegiatan nasional bertajuk Pekan Seni Olahraga Nasional (Pesona) I Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat.

Firdha Nurul Aswa meraih medali emas pada cabang olahraga taekwondo kategori poomsae tunggal putri, sementara Danil Mahondra meraih perak pada kategori poomsae tunggal putra.

"Firdha Nurul Aswa dan Danil Mahondra adalah mahasiswa UIN Datokarama," ucapnya.

Idhan memohon kepada Gubernur Sulteng agar dapat membantu pembinaan mahasiswa UIN Datokarama, khususnya penyediaan sarana dan infrastruktur olahraga mahasiswa.



Selain itu, dia juga menyampaikan permohonan mengenai dukungan kendaraan operasional kampus berupa bus yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan seluruh civitas akademika.

Dalam kesempatan tersebut, Idhan juga memohon dukungan Gubernur Sulteng terkait dengan pengembangan UIN Datokarama untuk kampus satu dan dua.
Foto bersama pihak UIN Datokarama dengan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Kantor Gubernur Sulteng, di Palu, Selasa (16/8/2022) (ANTARA/Muhammad Hajiji)


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sulteng bantu pengembangan UIN Datokarama bangun SDM unggul