ASN di Kabupaten Sigi diminta efektifkan layanan kepada masyarakat

id Pemkab Sigi,Wabup Sigi,Samuel Pongi,asn sigi,layanan pemkab sigi,asisten satu,andi ilham,sidak

ASN di Kabupaten Sigi diminta efektifkan layanan kepada masyarakat

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi melakukan sidak kehadiran ASN di beberapa OPD lingkup Pemkab Sigi di Dolo, Rabu (26/4/2023). (FOTO ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Andi Ilham, meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Sigi agar kembali mengefektifkan pelayanan kepada masyarakat, usai menjalani cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Tugas - tugas kita sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat agar diintensifkan dan diefektifkan kembali," katanya di Sigi, Rabu.

Andi Ilham mewakili Bupati Sigi Mohamad Irwan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kompleks Perkantoran, di Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota.

Sidak ini untuk melihat langsung dan mengecek keaktifan para ASN, sekaligus untuk memastikan pelayanan pemerintah kepada masyarakat telah dibuka kembali usai cuti bersama.

"Pelayanan pendidikan, kesehatan, pelayanan terkait administrasi kependudukan dan administrasi lainnya kepada masyarakat agar diintensifkan kembali," katanya.

Dalam sidak itu, ia juga bersilaturahim dengan ASN yang dijumpainya di beberapa OPD, serta menyampaikan pesan bupati agar kembali aktif bekerja.

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi mengemukakan Pemkab Sigi saat ini telah menggunakan teknologi untuk menilai kedisiplinan ASN lingkup pemerintah daerah tersebut, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai ASN.

"Iya, hal ini berbasis aplikasi yang akan segera diluncurkan pada Desember 2022 ini," katanya.

Ia mengatakan salah satu komponen penilai kedisiplinan ASN yaitu kehadiran di tempat bekerja atau di kantor, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Untuk menilai kedisiplinan terkait kehadiran ASN, kata dia, Pemkab Sigi menggunakan Aplikasi Berbasis Lokasi (ABL) yang mudah untuk mendeteksi keberadaan ASN.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemkab Sigi Andi Ilham melakukan sidak kehadiran ASN di beberapa OPD lingkup Pemkab Sigi di Bora, Rabu (26/4/2023). (FOTO ANTARA/HO-Kominfo Sigi)