Bupati Morut ingatkan tujuan utama lomba desa untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan desa

id Morut,Bupati morut,Sulteng

Bupati Morut ingatkan tujuan utama lomba desa untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan desa

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi pada pembukaan kegiatan lomba desa di Desa Lembah Sumara, Selasa sore. ANTARA/HO-MCDD

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Tujuan utama dilaksanakannya perlombaan desa adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan desa, baik penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kondisi kemasyarakatan.

Hal itu disampaikan Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi pada pembukaan kegiatan lomba desa di Desa Lembah Sumara, Selasa sore.

Desa Lembah Sumara mewakili Kecamatan Soyojaya dalam lomba desa tingkat Kabupaten Morowali Utara.

Kegiatan itu dihadiri pula Ketua TP PKK Morut Febriyanthi Hongkiriwang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Andi Parenrengi, para pimpinan OPD lainnya, Camat Soyojaya H. Ramli, Kapolsek, Danramil, serta tim penilai dari kabupaten.

Bupati menegaskan, tujuan akhir dari perlombaan desa adalah bagaimana agar ekonomi masyarakat meningkat, tingkat partisipasi masyarakat untuk pembangunan desa meningkat, serta terciptanya kondusivitas di desa.

"Dan yang terpenting bagaimana mengoptimalkan seluruh potensi desa," ujar bupati.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kepada pemerintah desa dan seluruh komponen masyarakat Lembah Sumara yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan lomba desa ini.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Lembah Sumara Andi Muhammad Harum melaporkan kondisi pertumbuhan ekonomi desa, pelaksanaan pembangunan, serta pelayanan masyarakat yang dimotori pemerintah desa dan lembaga lainnya.

"Kami senantiasa berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara khusus, dan secara umum ikut mensukseskan program Bupati Morut yakni mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera (SCS).

Lomba desa tingkat kabupaten ini diikuti sepuluh desa masing-masing mewakili sepuluh kecamatan se Kabupaten Morowali Utara.