Pemkab Sigi harapkan Muktamar Alkhairaat berdampak pada harmonisasi umat

id Alkhairaat,Pemkab Sigi,Muktamar Alkhairaat,Bupati Sigi,Mohamad Irwan

Pemkab Sigi harapkan Muktamar Alkhairaat berdampak pada harmonisasi umat

Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri rapat bersama antara Pemerintah Kabupaten Sigi dengan Panitia Muktamar XI Alkhairaat. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan Muktamar XI Alkhairaat dapat berdampak pada pembangunan peningkatan harmonisasi umat beragama di daerah itu.

"Muktamar XI menjadi satu momentum yang sangat baik untuk memupuk harmonisasi umat beragama," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Rabu.

Dia mengatakan dengan ditetapkannya Kabupaten Sigi sebagai tempat penyelenggaraan Muktamar XI Alkhairaat, menjadi satu kehormatan bagi Kabupaten Sigi.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sigi memberikan dukungan penyelenggaraan Muktamar XI Alkhairaat yang dihadiri puluhan ribu Abnaulkhairaat dari dalam dan luar negeri.

Bupati mengatakan bahwa muktamar selain sebagai amanah menjalankan roda organisasi, juga sebagai satu syiar untuk membangun toleransi antar umat beragama.

Oleh karena itu, kata dia, Muktamar Alkhairaat tahun 2023 ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Sigi yakni Sigi Religi.

"Iya, Muktamar Alkhairaat menjadi satu momentum yang baik untuk memupuk harmonisasi antar umat beragama dan pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Pengurus Besar Alkhairaat merencanakan pelaksanaan Muktamar XI tahun 2023 berlangsung di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, tanggal 27 - 30 September 2023.

Sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, Alkhairaat memiliki hubungan baik dengan pemerintah, serta menopang pemerintah dalam menyelenggarakan pembangunan utamanya di bidang pendidikan dan pembinaan umat.

Oleh karena itu, panitia akan mengundang beberapa pejabat negara, petinggi Polri dan TNI, untuk hadir pada Muktamar XI Alkhairaat.

Alkhairaat berkembang pesat memiliki 1.400 madrasah yang tersebar di kawasan timur Indonesia. Alkhairaat juga memiliki perguruan tinggi yang diberi nama Universitas Alkhairaat (Unisa), juga memiliki Rumah Sakit Umum Alkhairaat.

Dengan jumlah madrasah tersebut, Alkhairaat memberdayakan puluhan ribu tenaga pendidik dan kependidikan yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.