Polresta Palu terus giatkan sosialisasi kepada masyarakat cegah karhutla

id Polresta Palu ,Sosialisasi ,Cegah kebakaran hutan dan lahan,El Nino,Kota Palu,Sulawesi Tengah

Polresta Palu terus giatkan sosialisasi kepada masyarakat cegah karhutla

Kepala Polresta (Kapolresta) Palu Komisaris Besar Polisi Barliansyah. (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Sulawesi Tengah, menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.
 
"Kami memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas, dalam hal ini memberikan sosialisasi, edukasi serta imbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran, khususnya kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Polresta (Kapolresta) Palu Komisaris Besar Polisi Barliansyah di Kota Palu, Senin.
 
Ia mengatakan sosialisasi terus digencarkan agar pemahaman dan kepedulian warga terhadap bahaya kebakaran semakin meningkat sehingga dapat bersama-sama melakukan antisipasi.
 
Menurut dia, musim kemarau yang saat ini terjadi di Kota Palu sebagai dampak dari fenomena el nino sangat rawan menimbulkan potensi peristiwa kebakaran karena beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu.

Sosialisasi, kata dia, dilakukan dengan melakukan pertemuan tatap muka dengan kelompok warga serta dilaksanakan di titik-titik lokasi yang rawan terjadi kebakaran.
 
"Oleh karena itu, personel kepolisian rutin melakukan patroli dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran di situasi saat ini untuk meminimalisir risiko kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan dampak serius, seperti polusi udara dan gangguan kesehatan," katanya
 
Personel kepolisian memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar atau membakar sampah secara sembarangan, kemudian meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api yang masih menyala.
 
Menurut Kapolresta, langkah ini juga sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat.
 
Selain kebakaran hutan dan lahan, Barliansyah juga mengimbau masyarakat untuk tidak lupa mematikan kompor, serta alat elektronik lainnya untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang dapat menjadi penyebab sumber kebakaran.
 
"Sekali lagi, saya selaku Kapolresta Palu mengimbau seluruh lapisan masyarakat Kota Palu untuk mewaspadai hal tersebut serta menghindari hal-hal pemicu terjadinya kebakaran," kata Barliansyah.