Hari ke-37 kampanye, Prabowo di Jakarta, Gibran ke Bawaslu Jakpus

id kampanye Prabowo,kampanye Gibran,Prabowo Subianto,Gibran Rakabuming Raka,TKN Prabowo-Gibran,Pemilu 2024,Pilpres 2024

Hari ke-37 kampanye, Prabowo di Jakarta, Gibran ke Bawaslu Jakpus

Arsip - Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat membagikan susu kemasan ke warga pada hari bebas dari kendaraan bermotor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jakarta, Minggu (3/12/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto kembali bekerja sebagai menteri pertahanan (menhan) dan berkantor seperti biasa di Jakarta, Rabu, atau hari ke-37 kampanye Pilpres 2024.

Sementara itu, calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, yang masih aktif sebagai wali kota Surakarta, cuti untuk memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu, pukul 13.00 WIB.

Di Jakarta, sebagaimana informasi yang dihimpun ANTARA, Prabowo berkantor seperti biasa di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Sebelumnya, Selasa (2/1), Prabowo cuti untuk berkampanye menemui ikatan alumni, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.



Sementara itu, Gibran dipastikan memenuhi panggilan Bawaslu Kota Jakarta Pusat, Rabu siang, sebagaimana disampaikan Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf.

Bawaslu Kota Jakarta Pusat, dalam surat Nomor 061/PP.01.02/K.JK-03/12/2023, meminta Gibran sebagai peserta Pilpres 2024 datang ke Sekretariat Bawaslu Kota Jakarta Pusat pada Selasa (2/1) untuk memberikan klarifikasi atas dugaan pelanggaran kampanye saat hari bebas dari kendaraan bermotor (car free day) di sepanjang Jalan Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Jakarta, pada tanggal 3 Desember 2023.

Namun, Aminuddin mengatakan surat panggilan Bawaslu itu belum diterima Gibran atau pun TKN Prabowo-Gibran. Sehingga, Bawaslu Kota Jakarta Pusat menjadwalkan kembali pemanggilan Gibran pada Rabu siang.

Gibran diminta memberi klarifikasi secara langsung atas dugaan pelanggaran kampanye di sepanjang Jalan Thamrin menuju Bundaran HI.



Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa, menyampaikan Gibran akan hadir ke Bawaslu Jakarta Pusat dengan didampingi Wakil Komandan Echo TKN Habiburokhman dan Wakil Komandan Alpha TKN yang juga mantan anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar.

"Undangan jam 13.00 WIB. Idealnya, datang sebelum jam undangan," kata Nusron.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, kemudian masa tenang pada 11-13 Februari 2024. KPU menetapkan pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 pada 14 Februari.

KPU juga telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.