Polda gelar patroli skala besar pastikan situasi aman jelang Pemilu

id Polda Sulteng ,Patroli ,Patroli gabungan ,TNI-Polri,Sulteng ,Pemilu,Pengamanan pemilu

Polda gelar patroli skala besar pastikan situasi aman jelang Pemilu

Polda Sulteng menggelar patroli gabungan skala besar guna mengamankan pelaksanaan Pemilu di wilayah Sulawesi Tengah, di Kota Palu, Senin (12/2/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar patroli gabungan skala besar guna menciptakan dan memastikan situasi tetap aman dan kondusif menjelang pemungutan suara pada Pemilu 2024.
 


"Patroli ini sebagai wujud kehadiran negara untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," kata Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sulteng Kombes Pol. Ferdinan Maksi Pasule di Palu, Selasa.


 


Ia mengemukakan, patroli tersebut merupakan patroli skala besar yang melibatkan personel TNI-Polri dengan menggunakan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan kendaraan roda enam.


 


Menurut dia, Polda Sulteng menggelar patroli skala besar dalam upaya mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.


 


Ferdinan menyebut patroli akan rutin dilaksanakan, baik pada masa tenang, tahap pemungutan suara dan tahap perhitungan serta rekapitulasi suara Pemilu 2024.


 


Dalam patroli ini, personel gabungan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk saling menjaga keamanan bersama, dan menciptakan suasana yang harmonis.


 


"Upaya ini juga bertujuan untuk mengurangi dan meniadakan munculnya niat dan kesempatan bagi seseorang untuk melakukan pelanggaran pemilu atau melakukan kejahatan yang dapat mengganggu jalannya Pemilu 2024," katanya.


 


Dengan upaya ini, dia berharap pelaksanaan pemilu di wilayah Sulawesi Tengah dapat berjalan dengan aman, damai dan kondusif, baik sebelum maupun sesudah pemungutan suara.


 


Ia juga mengajak masyarakat untuk turut serta terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, serta mewujudkan kelancaran selama pemilu berlangsung.