BNN Sulawesi Tengah dilibatkan tingkatkan K3 di lingkungan PT CPM

id Bulan K3, PT CPM, BNN Sulteng, pemeriksaan urine, narkoba, tambang emas, tenaga kerja, kota palu, Sulteng

BNN Sulawesi Tengah dilibatkan tingkatkan K3 di lingkungan PT CPM

Karyawan PT CPM Palu melaksanakan upacara penutupan Bulan K3 Nasional 2024 di Palu, Jumat (16/2/2024).ANTARA/ Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tengah dilibatkan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan pertambangan milik PT Citra Palu Mineral (CPM).
 
“PT CPM berkolaborasi dengan BNN Sulteng memberikan sosialisasi dan pengertian kepada karyawan sekaligus melakukan skrining narkoba,” kata Kepala Teknik Tambang PT CPM Yan Adriansyah pada upacara penutupan Bulan K3 Nasional 2024 di Palu, Jumat.
 
Yan menjelaskan, PT CPM mencatat terjadi kecelakaan kerja sebanyak 129 kali sepanjang tahun 2023 dengan beberapa kasus terindikasi penggunaan narkotika.
 
“Mengacu pada data kecelakaan tambang dan setelah kami evaluasi, bahwa banyak kasus dan hasil skrining terindikasi sejumlah karyawan beserta mitra kerja menggunakan narkoba, kami menduga salah satu faktor pemicu kecelakaan kerja akibat di bawah kendali narkoba," kata dia menuturkan.
 
Ia mengemukakan, perusahaan bergerak di bidang pertambangan emas ini fokus memperkuat peran pengawasan untuk meningkatkan kompetensi, menyiapkan aspek administrasi, evaluasi, maupun perbaikan ke depan.
 
Pihaknya juga tegas kepada karyawan yang terindikasi menggunakan narkotika dengan memberikan sanksi peringatan, mengacu pada aturan perusahaan bahkan hingga pemecatan bagi mereka yang terkontaminasi zat adiktif tersebut dengan risiko fatal.
 
"Apalagi kalau terindikasi mengedarkan barang tersebut di lingkungan kerja maupun di luar lingkungan kerja, maka sanksinya bukan hanya pemecatan tetapi diserahkan kepada pihak berwajib untuk menjalani proses hukum,” tegasnya.
 
Ketua Panitia peringatan Bulan K3 Tri Wahyu Bersha Saputra menambahkan, peningkatan kapasitas karyawan tentang K3 dan pemeriksaan urine merupakan komitmen perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat maupun terbebas dari penggunaan narkotika.
 
Selain itu pihaknya juga menggelar lomba penggerak K3 yang diharapkan menjadi pelopor dan pengawas untuk melengkapi aspek K3 di area kerja.
 
“Tidak hanya itu, PT CPM juga melaksanakan sejumlah seminar, donor darah, lomba antar karyawan dan kegiatan lainnya yang diharapkan dapat semangat dan etos kerja karyawan," kata dia.