Sigi upayakan desa inovasi untuk tingkatkan perekonomian warga

id Sigi, sektor perikanan, desa inovasi, Sulteng, pemkabsigi

Sigi upayakan desa inovasi untuk tingkatkan perekonomian warga

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat (kemeja hitam) saat melepaskan bibit ikan air tawar di Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/Moh Salam

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengupayakan desa inovasi sebagai upaya mengembangkan perekonomian warga di sektor perikanan dan pariwisata. 

"Para kepala desa perlu mengembangkan potensi perekonomian di bidang perikanan air tawar, karena daerah ini sangat potensial untuk perikanan air tawar sehingga dapat menjadi daya tarik pengunjung dari Kota Palu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat saat melepaskan bibit ikan di Desa Binangga, Kecamatan Marawola, Sigi, Sabtu.

Dia mengemukakan, sebanyak 4.000 ribu bibit ikan air tawar di Binangga menjadi tahap awal (pilot project) pengembangan ekonomi masyarakat di kabupaten sigi.

"Kegiatan hari ini di Binangga karena kepala desanya sebelumnya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan melakukan hal terbaik untuk meningkatkan perekonomian dan pariwisata di desanya," ucapnya.

Sementara kata Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Sigi Akib Ponulele, agar saat panen ikan dapat dinikmati masyarakat setempat baik dikonsumsi secara langsung maupun dijual kembali dengan harga Rp40 per kilogram.

"Ada dua ribu ekor bibit ikan mas dan dua ribu ikan nila, yang masa panennya 3-4 bulan sehingga perekonomian warga Binangga umumnya Kecamatan Marawola bisa meningkat," ujar Nuim Hayat. 

Pemerintah kabupaten melalui dinas pekerjaan umum segera memperbaiki akses jalan di Binangga, sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi sektor perikanan di wilayah itu.

Bahkan sekitar kolam ikan di desa itu disiapkan tempat kuliner tradisional untuk warga Binangga , Kecamatan Marawola sehingga memberikan pertumbuhan dan perputaran ekonomi.

"Hal itu kami lakukan untuk mudahkan masyarakat dari Kota Palu saat berkunjung di kolam ikan, sehingga tidak hanya sekedar bersantai tapi bisa menikmati kuliner milik warga setempat, " tuturnya.