Pemkab Sigi salurkan 1.500 paket sembako kepada warga

id Pemkabsigi, disperindagsigi, paket sembako, pasar murah, pangan murah, bahan pokok, Sulawesi Tengah, Sulteng

Pemkab Sigi salurkan 1.500 paket sembako kepada warga

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat (kaos hitam) saat menyerahkan paket sembako murah untuk dibeli oleh masyarakat dengan harga murah di Desa Binangga, Marawola, Sulteng, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/Moh Salam

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyalurkan 1.500 paket sembako guna membantu memenuhi kebutuhan warga menjelang bulan Suci Ramadhan 2024.
 
"Pemerintah Kabupaten Sigi mendapatkan jatah 21 ribu lebih bantuan paket sembako untuk masyarakat di kabupaten ini, dan kami telah memulai di Kecamatan Marawola," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat, di Sigi, Sabtu.
 
Dia menguraikan, bantuan paket sembako itu merupakan subsidi dari pemerintah setempat sehingga masyarakat dapat membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga murah.
 
"Hari ini ada 1.500 paket disalurkan di kecamatan Marawola khususnya kepada warga Desa Binangga, tentunya ini tidak gratis tapi disubsidi pemerintah dengan nilainya lebih kurang daripada harga pasar, artinya belanja murah," ujarnya.
 
Menurut Nuim, paket sembako itu diantaranya beras berjenis premium 5 kilogram, gula pasir 2 kilogram dan minyak goreng 2 liter dengan ketentuan memberikan membawa kupon yang sebelumnya sudah dibagikan.
 
"Tentunya ini agar masyarakat menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024 terbantu meringankan beban masyarakat dengan adanya program pasar murah pemerintah kabupaten Sigi," ucapnya.

Kepala Disperindag Sigi Agus Munandar menyebutkan, total paket sembako tahun 2024 menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri adalah 21.276 untuk 16 kecamatan di kabupaten itu.
 
"Pemerintah Kabupaten Sigi memberikan subsidi di setiap paketnya adalah Rp47 ribu, sehingga paket yang sebelum dibantu pemerintah seharga Rp132 ribu menjadi Rp85 ribu per paket," kata Agus Munandar.
 
Dia menjelaskan, program pasar murah oleh Disperindag Sigi dibagi dalam dua tahapan yakni menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 serta saat mendekati Natal dan tahun baru (Nataru) 2025.