Satpol PP Kota Palu: Sidak kebersihan tetap dilaksanakan saat bulan puasa

id Satpol-PP, Nathan Pasongan, sidak kebersihan ,sampah, Pemkotpalu, Sulteng

Satpol PP Kota Palu: Sidak kebersihan tetap dilaksanakan saat bulan puasa

Sejumlah warga berbelanja di Pasar Inpres Manonda, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/5/2020). ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/hp

Palu (ANTARA) -
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Palu, Sulawesi Tengah mengatakan inspeksi mendadak (sidak) kebersihan tetap dilaksanakan meski bulan puasa sebagai upaya pemerintah daerah setempat meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan.


 


"Sebagai instansi penegak peraturan daerah (perda) kami melaksanakan tugas sesuai koridor. Sidak kebersihan adalah tanggung jawab kami," kata Kepala Satpol-PP Kota Palu Nathan Pasongan di Palu, Jumat.


 


Ia menjelaskan kebersihan wajib dijaga oleh masing-masing individu, minimal di lingkungannya, sedangkan pemerintah sebagai penyelenggara program terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola lingkungan.


 


Fokus pengawasan kebersihan dilakukan pihaknya, yakni fasilitas umum, kawasan pasar, dan ruang terbuka hijau (RTH).


 


"Kami mengimbau pelaku usaha selalu menjaga kebersihan di bulan puasa, terutama pedagang di kawasan pasar tradisional, apalagi Kota palu mendapat penghargaan Adipura makan tanggung jawab itu semakin besar menjaga lingkungan semakin kondusif," katanya.


 


Ia juga mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Pasar Ramadhan untuk selalu menjaga situasi kondusif lingkungan, karena kebersihan sebagian dari iman.


 


Satpol-PP Palu juga menggencarkan patroli guna menjaga ketentraman dan ketertiban umum di ibu kota Provinsi Sulteng itu.


 


Patroli dan penertiban dilakukan pihaknya menyasar seluruh wilayah kota, termasuk menertibkan pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan dan tempat-tempat dilarang pemerintah.


 


"Termasuk melakukan penertiban tempat hiburan malam, terlebih di bulan puasa sikap toleransi dan saling mengayomi harus ditingkatkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan," ujar Nathan.