Rutan-Donggala bangun dapur sehat dan L-Vicagas pemenuhi hak napi

id Layanan napi, rutan donggala, kemenkumham sulteng

Rutan-Donggala bangun dapur sehat dan L-Vicagas pemenuhi hak napi

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar (kedua dari kiri) saat meresmikan Dapur sehat Sanggani Rutan Donggala, Jumat (05/04/2024). (ANTARA/Dokumentasi Rutan Donggala)

Donggala (ANTARA) -
Rumah Tahanan kelas II B Donggala membangun sejumlah fasilitas penunjang berupa dapur sehat Sanggani dan ruang L-Vicagas (Layanan Video Call, Gratis, Aman dan Sejuk) untuk memenuhi kebutuhan dan hak narapidana.
 
"Alhamdulillah, kami telah membangun dan kemarin hari Jumat telah diresmikan secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Pak Hermansyah Siregar," ucap kata Kepala Rutan Kelas II B Donggala, Suwandi, Sabtu.
 
Menurutnya, Dapur Sehat Sanggani tersebut merupakan upaya untuk melakukan peningkatan layanan pemenuhan makanan sehat bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Donggala.
 
Bahkan Dapur Sehat Sanggani Rutan Donggala juga telah mengantongi sertifikat Laik Higiene atau Dapur Sehat yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala yang sebelumnya telah dilakukan penilaian dan pengawasan secara ketat.
 
“Dapur Sehat Sanggani ini memiliki arti penyangga, yaitu penyangga kehidupan bagi warga binaan pemasyarakatan yang ada, oleh karena itu sangatlah penting untuk menciptakan Dapur yang sehat dan bersih," ungkapnya.
 
Sementara untuk L-Vicagas (Layanan Video Call, Gratis, Aman dan Sejuk), menurut Suwandi dibuat untuk membantu warga binaan binaan untuk berkomunikasi dengan keluarga yang tidak bisa datang langsung ke Rutan Donggala.
 
"Di dalam ada 10 unit handphone dan satu orang napi kita berikan waktu 10 menit. Ini bisa membantu warga binaan yang keluarganya jauh di luar dari Kabupaten Donggala," ujarnya.
 
Ruangan layanan L-Vicagas Rutan Donggala juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan kamera pemantau, guna mengawasi para warga binaan yang memakai layanan L-Vicagas.
 
"Inovasi ini sekaligus sebagai upaya untuk memberikan layanan yang prima," kata Suwandi.
 
Dua ruangan itu untuk pemenuhan kebutuhan dan hak warga binaan ini diresmikan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar, Jumat. Selain meresmikan fasilitas, Kakanwil Kemenkumham Sulteng juga menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sholat kepada WBP Rutan Donggala.
 
"Ia kemarin Pak Kakanwil memberikan bantuan perlengkapan sholat untuk wabin yang terdiri dari baju koko, sarung, sajadah, dan buku iqro’ serta Juz ‘Amma," cakapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar mengatakan dengan telah diresmikannya Dapur Sehat Sanggani dan juga fasilitas layanan video call merupakan bukti dan upaya jajaran Kemenkumham Sulteng, secara khusus Rutan kelas II B Donggala, memberikan layanan terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan yang ada.*