Polda-Sulteng tes urine sopir angkutan di Terminal Tipo Palu

id Polda Sulteng ,Tes urine,Sopir angkutan mudik,Sulteng ,Terminal Tipo Palu

Polda-Sulteng tes urine sopir angkutan di Terminal Tipo Palu

Subsatgas Dokkes Operasi Ketupat Tinombala 2024 melakukan tes urine terhadap supir angkutan di Terminal Tipo Palu, Palu, Sulteng, Senin (8/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Subsatgas Dokter dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan tes urine terhadap para sopir angkutan mudik di Terminal Tipo, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Subsatgas Polda Sulteng melakukan tes urine untuk memastikan sopir angkutan umum bebas dari penyalahgunaan narkotika dan minuman beralkohol," kata Kasatgas Humas Operasi Ketupat Tinombala Polda Sulteng Kompol Sugeng Lestari di Palu, Senin.

Ia mengatakan tes urine ini penting untuk menjaga keselamatan penumpang dan pengunjung terminal dalam melakukan perjalanan selama mudik Lebaran 2024.

Tes urine, kata dia, dilakukan sebagai salah satu upaya Polda Sulteng untuk menciptakan keamanan dan kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Dia menyampaikan, selain tes urine, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin terhadap para sopir angkutan umum tersebut untuk memastikan kondisi mereka betul-betul fit dan prima dalam mengemudikan kendaraan.

"Tes urine dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya  kecelakaan fatal yang disebabkan penggunaan narkoba atau minuman beralkohol oleh pengemudi bus angkutan lebaran," ujarnya lagi.
 
Karena itu, dia berharap dengan pelaksanaan tes urine dan pemeriksaan kesehatan itu bisa meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama arus mudik.

Ia juga mengimbau kepada pemilik perusahaan otobus untuk saling menjaga dan mengingatkan para pengemudi untuk mengutamakan keselamatan penumpang dan mematuhi aturan berlalu lintas.
 
"Semoga para sopir dan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran ini bisa sampai dan kembali lagi dengan selamat," katanya.