KP3 Luwuk tingkatkan pengamanan arus balik Lebaran di Pelabuhan

id KP3 Luwuk,Polsek Luwuk,Sulawesi Tengah ,Pengamanan arus balik Lebaran ,Banggai

KP3 Luwuk tingkatkan pengamanan arus balik Lebaran di Pelabuhan

Personel gabungan TNI-Polri amankan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Pelni Luwuk, Banggai, Minggu (14/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Banggai)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Sektor (Polsek) Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah meningkatkan pengamanan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah di sejumlah pelabuhan di daerah itu.
 


Kepala Subsektor (Kasubsektor) KP3 Luwuk IPDA James N. Runtu di Banggai, Minggu, mengatakan pengamanan yang dilakukan oleh pihaknya ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik yang menggunakan jalur laut.


 


"Dalam pengamanan ini, kami melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait," katanya.


 


Menurut dia, penumpang yang melalui Pelabuhan Pelni mulai terlihat mengalami kenaikan dengan penumpang berangkat dari Luwuk menuju Gorontalo-Bitung menggunakan KM Tilong berjumlah 742 orang.


 


Sementara itu, penumpang tiba di Luwuk dari Kota Kendari berjumlah 481 orang. Karena itu, pihaknya menyiagakan personel dan memantau aktivitas masyarakat di sejumlah pelabuhan di daerah itu.


 


Ia mengatakan personel gabungan TNI-Polri tidak hanya bersiaga di Pelabuhan Pelni Luwuk, tapi juga di wilayah Pelabuhan Penyeberangan Ferry dan Pelabuhan Rakyat Luwuk.


 


Ia mengatakan upaya ini guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap aman dan kondusif selama arus mudik dan balik lebaran dan Idul Fitri 1445 Hijriah.


 


"Semua ini dilakukan demi rasa aman dan nyaman pada pemudik," ujarnya.


 


Ia juga mengimbau kepada penumpang yang menggunakan jalur laut untuk selalu menjaga keselamatan diri masing-masing, terkhusus untuk orang tua yang membawa anak-anak.


 


Selain itu, dia juga meminta masyarakat agar tidak membeli tiket dari para calo.