KPU Sigi ajak masyarakat berpartisipasi aktif di Pilkada 2024

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,KPU Sigi ,Bawaslu ,Pilkada 2024

KPU Sigi ajak masyarakat berpartisipasi aktif di Pilkada 2024

Komisioner KPU Sigi bersama Bupati dan unsur Forkopimda lainnya saat peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sigi. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.
 
"Hari ini KPU Sigi melaksanakan tahapan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi di Taman Taiganja, Desa Kalukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, " kata ketua KPU Sigi Soleman di Sigi, Kamis.
 
Ia menjelaskan dalam peluncuran tahapan pilkada itu dengan mengangkat tema kearifan lokal setempat. 
 
"Konsep peluncuran ini kearifan lokal, jadi semua yang kami libatkan dalam proses peluncuran ini adalah masyarakat Kabupaten Sigi seperti Dewan Kesenian Sigi," ucapnya. 
 
Adapun alasan peluncuran tahapan pilkada di Taman Taiganja untuk mengenalkan ciri khas dari Kabupaten Sigi. 
 
"Kami berharap tujuan kita mengenalkan apa yang dinamakan Taiganja sebagaimana maskot kita yaitu Suara Integritas Demokrasi (Sundeki) sebagai simbol imbauan untuk masyarakat setempat," ujarnya.
 
Sundeki, kata Soleman, berasal dari kata Suku Kaili Ado yang memiliki arti seruan.
 
"Maskot Pilkada di Sigi tahun 2024 yaitu Sundeki yang berarti imbauan, sehingga harapannya dengan diluncurkan tahapan ini agar masyarakat Kabupaten Sigi untuk bersama-sama ikut mensukseskan pilkada serentak mendatang,"  ujarnya. 
 
Soleman mengingatkan kepada seluruh penyelenggara badan ad hoc agar menjaga kesehatan selama bertugas sampai penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi terpilih. 
 
"Pesan saya kepada seluruh penyelenggara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi tahun 2024 untuk senantiasa menjaga integritas, kesehatan dan semangat," kata dia.
 
Peluncuran tahapan kali ini menjadi momentum semua pihak khususnya penyelenggara pemilihan kepala daerah dapat berjalan dengan baik.
 
"Jadikan tempat ini yaitu Taman Taiganja sebagai momentum kita untuk melaksanakan Pilkada tahun 2024 dengan bertanggung jawab, sukses, aman dan amanah," tuturnya.

Sebelumnya diketahui hingga saat ini tidak ada bakal pasangan calon perseorangan berhasil lolos verifikasi administrasi untuk maju pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sigi tahun 2024.