Upaya atasi pemanasan global, karyawan DSLNG kampanyekan aksi tanam pohon di lingkungan rumah

id Dslng

Upaya atasi pemanasan global, karyawan DSLNG kampanyekan aksi tanam pohon di lingkungan rumah

Upaya atasi pemanasan global, karyawan DSLNG kampanyekan aksi tanam pohon di lingkungan rumah. ANTARA/HO-DSLNG

Banggai, Sulteng (ANTARA) - Kampanye aksi mengatasi pemanasan global dengan menumbuhkan pohon dilakukan oleh karyawan PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) dan mitra kerjanya secara mandiri di lingkungan masing-masing. Dalam kampanye selama bulan Juni 2024 ini, DSLNG mendorong karyawannya untuk melakukan aksi menanam pohon di lingkungan rumah masing-masing yang melibatkan keluarga mereka untuk menciptakan lingkungan yang sejuk dan asri dan mengirimkan fotonya untuk dilombakan di internal perusahaan. Tumbuhnya pohon akan menjadi sumber oksigen yang segar dan memberi ruang hidup bagi berbagai burung serangga.

Meskipun dampaknya tidak langsung berskala besar bagi pengurangan efek rumah kaca secara global, upaya ini diharapkan dapat menginspirasi semua pihak untuk mengambil tanggung jawab dan peran nyata menjaga planet bumi dalam skala dan ruang lingkup masing-masing.
Upaya atasi pemanasan global, karyawan DSLNG kampanyekan aksi tanam pohon di lingkungan rumah. ANTARA/HO-DSLNG


Aksi penanaman pohon ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni di DSLNG. Dalam aksi ini, puluhan karyawan dan mitra kerja DSLNG di Banggai dan di Jakarta menanam berbagai jenis tanaman buah seperti mangga, lengkeng, rambutan, alpukat, jambu, kelapa, pisang, hingga durian dan matoa.

Uniknya, beberapa karyawan bahkan memanfaatkan balkon rumah mereka untuk ditanami karena sedikitnya lahan terbuka yang tersisa di halaman rumah. Kegiatan penanaman pohon ini sejalan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, "Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan.”

DSLNG sendiri sejak awal pembangunan kilang di tahun 2011, telah aktif dan terlibat dalam berbagai aksi penanaman pohon di area Kilang hingga ke kawasan Suaka Margasatwa Bakiriang. Dan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, DSLNG kembali melakukan aksi tanam pohon di area kilang dengan menanam 106 pohon durian.