Pemkab Morowali Utara beri bimtek penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku UMKM

id Pemkab Morut ,Penyuluhan keamanan pangan,UMKM,Kabupaten Morowali Utara ,Sulteng

Pemkab Morowali Utara beri bimtek penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku UMKM

Pemda Morut melaksanakan bimtek penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku UMKM di Morowali Utara, Selasa (16/7/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Morut)

Morowali Utara, Sulawesi Tenga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah, memberikan bimbingan teknis (bimtek) penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.
 
Wakil Bupati Morowali Utara Djira K di Morowali Utara, Selasa, mengatakan, bimtek ini untuk dapat meningkatkan kompetensi bagi para pelaku usaha dalam hal mengelola industri rumah tangga yang baik.
 
"Bimtek ini untuk meningkatkan kompetensi bagi para pelaku UMKM dalam hal mengelola industri rumah tangga yang baik dan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)," katanya.
 
Ia menjelaskan bahwa keamanan pangan adalah kondisi pangan yang aman untuk dikonsumsi serta terhindar dari berbagai pencemaran, baik itu pencemaran bioligis, kimia, dan pencemaran lainnya yang dapat mengganggu atau merugikan kesehatan konsumen.
 
Menurut dia, pengamanan pangan seperti manajemen, operasional dan sarana prasarana industri rumah tangga harus terus dijaga untuk meningkatkan produksi agar terus berkembang.
 
Ia mengatakan bahwa apabila industri rumah tangga dilakukan dengan sehat, maka usaha akan terus berkembang dan ketika industri tersebut berkembang maka dapat berkontribusi bagi pembangunan daerah.
 
Pemda Morut, kata dia, berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan terhadap perkembangan UMKM di wilayah ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan daerah.
 
"Pemerintah daerah akan selalu memberikan dukungan terhadap perkembangan para pelaku industri rumah tangga dan UMKM yang ada di Kabupaten Morowali Utara," ujarnya.