Polres Touna kedepankan pendekatan humanis saat Operasi Bina Kusuma

id Polres Touna ,Operasi Bina Kusuma ,Kabupaten Tojo Una-una ,Cegah gangguan kamtibmas ,Sulawesi Tengah

Polres Touna kedepankan pendekatan humanis saat Operasi Bina Kusuma

Personel Polres Touna merazia barang bawaan penumpang di pelabuhan saat Operasi Bina Kusuma di Tojo Una-Una, Kamis (8/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Tojo Una-una, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis kepada masyarakat saat menggelar Operasi Bina Kusuma Tinombala 2024, guna menciptakan dan meningkatkan keamanan dan ketertiban di daerah tersebut.
 


"Dalam melaksanakan Operasi Bina Kusuma ini, kami mengedepankan tindakan persuasif dan humanis, dengan melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat," kata Kapolres Touna AKBP Ridwan J.M. Hutagaol di Tojo Una-Una, Kamis.


 


Ia menerangkan operasi tersebut sebagai langkah preventif menghadapi maraknya tindakan premanisme, pencurian, kejahatan, dan penyakit masyarakat, terutama di wilayah hukum Polres Touna.


 


Operasi ini, kata dia, merupakan operasi rutin tahunan yang diselenggarakan untuk mencegah serta meminimalisir terjadinya penyakit masyarakat yang dapat menyebabkan gangguan kamtibmas.


 


Polres Touna melakukan razia dan sosialisasi di sejumlah tempat, seperti Pelabuhan Uesampole, Desa Labuan dan Agen Mobil Travel Megan Jaya, Kelurahan Dondo Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Touna.


 


Sosialisasi serta penyuluhan dilakukan kepada anak buah kapal (ABK) kapal, sopir mobil travel, penumpang serta masyarakat yang ada di kedua lokasi itu untuk selalu menjaga kamtibmas.


 


"Selain melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan, kami juga melakukan razia barang bawaan penumpang dengan sasaran narkotika, senjata tajam serta barang-barang berbahaya lainnya,” ujarnya.


 


Menurut dia, dari hasil razia barang bawaan tersebut, tidak ditemukan adanya benda-benda mencurigakan. 


 


Untuk itu, dia berharap dengan adanya Operasi Bina Kusuma ini, masyarakat dapat lebih memahami dan menyadari pentingnya peran mereka dalam menjaga kamtibmas di Kabupaten Tojo Una-Una.