Pemkab-Buol pastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

id Kabupaten Buol ,Sulawesi Tengah ,Pilkada,Pemkab Buol

Pemkab-Buol pastikan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

Sekretaris Daerah Kabupaten Buol Dadang saat memimpin pertemuan dengan agenda Silaturahmi Forum Komunikasi Sosial Politik dalam Rangka Cipta Kondisi untuk Sukses Pilkada Tahun 2024. ANTARA/HO-DISKOMINFO BUOL

Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di daerah itu.
 
Kepala Bidang Politik Kesbangpol Buol Ramli Djulunau di Buol, Selasa, mengatakan pentingnya persiapan matang menjelang Pilkada Serentak di Sulawesi Tengah termasuk di Kabupaten Buol.
 
"Semua pihak wajib mengetahui situasi sosial politik yang sangat krusial di daerah ini," kata Ramli.
 
Ia mengemukakan pemerintah daerah (pemda) dan TNI-Polri serta penyelenggara pemilihan kepala daerah yaitu KPU dan Bawaslu setempat  dapat meningkatkan kesadaran dan menjaga keamanan lingkungan sebelum hingga pelantikan kepala daerah yang terpilih ke depan.
 
"Semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran berdemokrasi, menjaga stabilitas keamanan, dan memastikan pelaksanaan pilkada berjalan lancar tanpa gangguan," ucapnya.
 
Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buol Dadang Hanggi menuturkan pemerintah daerah berkomitmen mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kabupaten Buol.
 
Ia mengatakan perlunya kesiapan yang matang dalam menghadapi pemilihan kepala daerah pada November mendatang.
 
"Harapannya seluruh pihak termasuk desk pemilu dan aparat keamanan untuk siap siaga dan responsif terhadap berbagai kemungkinan terjadi," ujarnya.
 
Ia mengatakan pentingnya komunikasi dua arah dengan masyarakat guna mendukung partisipasi demokrasi yang sehat.
 
"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk saling menghargai perbedaan pandangan politik dan berkomitmen membangun daerah dengan cara yang santun dan beradab," sebutnya.
 
Pemkab Buol, kata dia, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala-kepala desa untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis pada Pilkada Serentak 2024.
 
 
 
"Semoga Pilkada serentak di Kabupaten Buol dapat berlangsung sukses dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas," tuturnya.