KPU Kota Palu terima pendaftaran pasangan Hadianto Rasyid-Imelda Liliana

id KPU Kota Palu ,Pendaftaran bakal pasangan calon wali kota,Pilkada 2024,Pilkada Kota Palu ,Sulawesi Tengah

KPU Kota Palu terima pendaftaran pasangan Hadianto Rasyid-Imelda Liliana

Ketua KPU Kota Palu Idrus menyerahkan berkas berita acara pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Imelda Liliana Muhidin kepada Hadianto Rasyid di Palu, Kamis (29/8/2024). ANTARA/Nur Amalia Amir

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menerima pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Imelda Liliana Muhidin untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas persyaratan, pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Imelda Liliana Muhidin dinyatakan diterima," kata Ketua KPU Kota Palu Idrus di Palu, Kamis.

Pendaftaran itu ditandai dengan penandatanganan berita acara penerimaan oleh komisioner KPU Kota Palu diawali Ketua KPU Idrus dan diikuti empat anggota lainnya di Kantor KPU Palu, Kota Palu.

Idrus mengatakan pada tahapan ini, KPU Kota Palu melakukan verifikasi untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan pencalonan, dan kelengkapan dokumen persyaratan calon.

Setelah dilakukan proses pemeriksaan dokumen administrasi, kata dia, berkas pendaftaran dari kedua pasangan calon tersebut dinyatakan lengkap dan diterima.

Pasangan Hadianto Rasyid dan Imelda Liliana Muhidin mendaftar dengan mencantumkan delapan partai pengusung politik, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 13.498 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 12.773 suara, Partai Golongan Karya (Golkar) 23.426 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 6.726 suara.

Kemudian, Partai Perindo 11.526 suara, Partai Buruh 866 suara, Partai Garuda 936 suara, dan Partai Bulan Bintang (PBB) 4.079 suara. Total perolehan suara sah dikumpulkan pengusung Hadianto-Imelda sebanyak 73.840 suara.

Seusai pendaftaran, Hadianto Rasyid berharap segala hal terkait dengan proses pendaftaran dapat terkomunikasikan dengan baik, sehingga segala hal yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran dapat dipenuhi dengan baik oleh kami, dan syarat pencalonan bisa dipenuhi dengan baik.

Ia menyampaikan apabila kembali diamanatkan rakyat pada Pilkada 2024 ini, pihaknya berkomitmen melanjutkan program yang telah berjalan, terutama di bidang pembangunan ekonomi dan infrastruktur, dan juga akan berfokus pada isu perubahan iklim.

Pasangan Hadianto-Imelda ini menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Kota Palu. Sebelumnya, pada hari kedua pendaftaran (28/8), KPU Kota Palu telah menerima pendaftaran pasangan calon Hidayat dan Andi Nur B. Lamakarate.