Honda bagikan tips keselamatan #Cari_aman helm standar ga harus mahal !

id Honda,PT AHM

Honda bagikan tips keselamatan #Cari_aman helm standar ga harus mahal !

Honda bagikan tips keselamatan #Cari_aman helm standar ga harus mahal. Foto Dokumentasi PT AHM

Palu, Sulteng (ANTARA) - Harus diakui bahwa sepeda motor roda dua adalah kendaraan yang paling simple dan praktis digunakan karena terjangkau harganya, juga yang tidak kalah penting adalah efesiensi waktu tempuh perjalanan yang lebih cepat, nah menjadi alat keselamatan terpenting ketika berkendara menggunakan sepeda motor, membuat helm menjadi peranti penting bagi pengendara. Akan tetapi cukup disesalkan banyak pengendara motor yang tidak begitu memperhatikan akan kualitas helm saat hendak melakukan pembelian.
 

Tak harus memiliki harga yang selangit, kriteria paling mendasar ketika ingin memiliki dan membeli helm adalah pastikan telah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia). Tapi tidak cukup dengan adanya label SNI saja, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih helm yang akan kita kenakan saat menunggangi sepeda motor.

Ini dia kriterianya :

1. Helm yang dirancang untuk keselamatan saat berkendara

2. Ukuran pas dengan kepala half Face atau Full Face

3. Perhatikan Sertifikasi Keamanan SNI utamanya bagian batok, gabus, dan talinya

4. Berwarna cerah, kaca helm bisa digunakan siang dan malam hari

5. Berat yang sesuai.

 

Yang perlu diingat adalah helm bertujuan untuk melindungi kepala saat terjadi benturan, mengurangi fatalitas dan dampak negatif saat terjadi kecelakaan, melindungi mata dari debu dan kotoran. Selain itu, terkait dengan penggunaan helm, pemerintah menerbitkan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya Pasal 57 ayat 2 yang menegaskan bahwa setiap pengendara sepeda motor wajib memakai helm sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Hukuman yang diberikan bagi pelanggar termuat pada Pasal 290, yaitu kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250.000. 

Nah, itu dia beberapa tips menggunakan helm SNI yang bisa kamu terapkan nih bro/sis agar lebih aman dalam berkendara. Ingat bahwa berkendara dengan menggunakan sepeda motor dan helm  tidak perlu dengan kecepatan tinggi tapi yang perlu diperhatikan adalah keselamatan, karna tanpa keselamatan hal-hal berharga dalam hidup tidak dapat kita raih, Tetap fokus dan selalu gunakan perlengkapan berkendara dalam kondisi apapun agar segala aktifitas tetap berjalan lancar sesuai rencana.

“Semoga dengan upaya kami memberikan tips keselamatan kepada seluruh masyarakat Sulawesi tengah, dapat membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan pengetahuan tentang berkendara yang aman dalam aktivitas berkendara sehari-hari”. Ingat kecelakaan dapat mengakibatkan kerugian.

Jangan lupa Pakai Helm & Jaketmu #Cari_Aman Saat Naik Motor Honda Tutup Yusman.