Bakal calon kepala daerah Parigi Moutong mulai tes kesehatan

id KPU Parigi Moutong, Iskandar, Pilkada Parigi Moutong, Pilkada Serentak

Bakal calon kepala daerah Parigi Moutong mulai tes kesehatan

Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana didampingi anggota memperlihatkan berita acara pendaftaran calon kepala daerah di Sekretariat KPU setempat di Parigi, Kamis (29/8/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -

Lima bakal calon kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong, mulai melaksanakan tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Anutapura Palu.

"Otoritas RS Anutapura Palu menetapkan jadwal pemeriksaan kesehatan, selama dua hari, yakni 30-31 Agustus 2024," kata anggota KPU Parigi Moutong Iskandar Mardani di Palu, Jumat.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan hari pertama, terdapat empat item pemeriksaan diantaranya, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi, pemeriksaan psikologi dan pemeriksaan status penyalahgunaan narkotika oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu. Kemudian, di hari kedua para bakal calon menjalani pemeriksaan fisik.

“Tahapan pemeriksaan kesehatan dimulai dari 27 Agustus sampai 2 September 2024, tidak menuntut kemungkinan pemeriksaan kesehatan para bakal calon lebih dipercepat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan syarat yang harus dijalani oleh para bakal calon. Sebab KPU Parimo, akan melaksanakan penelitian berkas masing-masing pasangan calon untuk memastikan keabsahan dokumen yang diunggah ke sistem pencalonan (silon).

“Bila ada dokumen bakal calon belum lengkap, KPU membuka ruang untuk perbaikan. Saat ini kami masif fokus terhadap pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Sebelumnya, KPU Parigi Moutong telah menerima berkas pendaftaran lima bakal calon yakni M Nizar Rahmatu dan Ardi, Badrun Nggai dan Muslih, Moh Nur Dg Rahmatu dan Arman Maulana, Amrullah S Kasim dan Ibrahim A Hafid serta Erwin Burase dan Abdul Sahid.