Kepulauan Togean Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

id Togean

Anugerah Pesona Indonesia (www.antarasulteng.com/Istimewa)

Touna, (antarasulteng.com) - Wilayah Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo UnaUna, Provinsi Sukawesi Tengah, yang terletak di Teluk Tomini, masuk dalam daftar nominasi calon penerima Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017.

"Masuk dalam kategori tempat menyelam terpopuler dari sepuluh tempat menyelam di Indonesia," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Touna Zainal Hiola, Senin.

Menurut Zainal, pada 2016, Kabupaten Tojo Unauna juga masuk dalam sepuluh destinasi wisata terpilih untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di ajang API 2016.

"Ini merupakan salah satu kebanggaan bagi Sulteng dan Pemkab Touna, karena satu-satunya kabupaten yang masuk dalam API 2017," ungkapnya.

Menurut Zainal, Kabupaten Tojo Unauna akan bersaing dengan beberapa wilayah lainya yang berada di Indonesia dalam perebutan juara di kategori itu. Namun siapa yang berhak mendapatkan predikat juara, akan ditentukan melalui melalui pooling pesan singkat atau SMS.

Pooling, kata Zainal, akan dimulai dari tanggal 1 Juni hingga 31 Oktober 2017, dimana panitia pelaksana akan menentukan pemenang berdasarkan jumlah dukungan SMS terbanyak yang masuk.

"Kami berharap mereka yang sudah menyelam di Kepulauan Togean dapat memberikan dukungan sms, agar harapan bisa menjadi juara dapat tercapai," tutup Zainal.

Sebanyak 90 objek wisata di penjuru nusantara berlomba berebut menjadi juara dalam ajang API 2017.

Tercatat ada 15 kategori yang dilombakan dalam api 2017 di antaranya surga tersembunyi terpopuler, obyek wisata bersih terpopuler, situs sejarah terpopuler, makanan tradisional terpopuler, tempat menyelam terpopuler.

Kemudian tempat berselancar terpopuler, atraksi budaya terpopuler, festival pariwisata terpopuler, dataran tinggi terpopuler, tujuan wisata baru terpopuler, kampung adat terpopuler dan minuman traditional terpopuler.

Selanjutnya obyek wisata belanja terpopuler, obyek wisata unik terpopuler, dan promosi pariwisata digital terpopuler. (FZI)
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar