Disperindag Sulteng dukung usaha untuk pasarkan produk hingga ke internasional

id UMKM,Togean Natural ,Kabupaten Tojo Una-una ,Sulawesi Tengah

Disperindag Sulteng dukung usaha untuk pasarkan produk hingga ke internasional

Denting Kasihkami memamerkan salah satu produk unggulan Togean Natural yaitu sabun atau Togean Natural Net Zero Soap. ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tengah, Richard Arnaldo mengatakan pihaknya selalu mendukung pelaku usaha untuk memasarkan produknya hingga ke pasar internasional.
 
"Kami selalu berupaya mendukung pelaku usaha agar produk unggulan mereka dapat menembus pasar lokal hingga internasional," katanya di Palu, Kamis, menanggapi UMKM Togean Natural yang berhasil memasarkan produknya ke pasar nasional hingga pasar internasional.

Richard mengatakan untuk membantu dalam memasarkan produk, salah satu upaya yang dilakukan yakni mendampingi Togean Natural untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran Bandung Tourism Craft and Investment EXPO 2022.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Togean Natural yang berasal dari Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, berhasil memasarkan produknya ke pasar nasional hingga pasar internasional.
 
Denting Kasihkami, pendiri UMKM Togean Natural di Palu, Kamis, menjelaskan usaha yang berdiri sejak 2020 itu berfokus pada membuat berbagai produk dari bahan natural, yang salah satunya dikenal dengan Togean Natural Net Zero Soap atau sabun.
 
"Sampai saat ini, kami telah mengikuti berbagai exhibition atau pameran di luar Sulawesi," katanya.
 
Selain sabun, kata dia, setidaknya ada puluhan produk yang telah diciptakan dengan 100 persen menggunakan bahan natural, seperti shampo, lulur, lotion, pewangi ruangan, minyak anti nyamuk, VSO, dupa, dan lilin.
 
Dalam membantu memasarkan produknya, dia telah mengikuti pameran, beberapa di antaranya Festival Danau Poso pada 2022, Teras Indonesia oleh IKEA, Pameran Bandung Tourism Craft and Investment EXPO 2022, Global Tourism Forum, dan pameran di luar negeri, yakni Wonderfruit Festival di Thailand.
 
Menurut dia, baik pembeli dalam negeri maupun turis pada setiap pameran tersebut, tertarik untuk membeli dan mencoba produknya, seperti dari Malaysia, dan Thailand.

Produk yang dikenal sebagai produk zero emission soap atau tidak mengandung bahan kimia tersebut dapat dipesan dari seluruh Indonesia, dan luar negeri melalui e-commerce atau website Togean Nature.
 
Selain itu, kata dia, produk Togean Natural telah dipasarkan di 20 toko di Bali, lima toko di Jakarta dan masih akan dikembangkan di toko-toko lainnya di Indonesia.

Ia menjelaskan awal dibentuknya Togean Natural adalah pada saat pandemi COVID 19 melanda menyebabkan perekonomian masyarakat menjadi menurun.
 
"Saya pindah ke Togean tahun 2018 untuk membangun resort, namun dilanda pandemi dan berpikir bagaimana cara agar masyarakat bisa mendapatkan pemasukan lain dari bahan-bahan di sekitar," katanya.
 
 
Hingga saat ini, Shika, sapaan akrabnya bersama sekitar 20 ibu rumah tangga telah memproduksi sabun dari memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kelapa, kunyit, nilam, madu, dan rumput laut.