Kesatuan warga tentukan sukses Integrasi Kampung KB

id BKKBN, Napu

Anggota Komisi IX DPR RI dr Verna Inkiriwang (kedua kiri) menyerahkan sepeda kepada pemenang hadiah utama acara Integrasi Kampung KB di Desa Bulili, Napu, Selasa (5/12) (Antaranews.com/Humas BKKBN)

Verna Inkiriwang: Kampung KB harus ditunjang semua sektor agar cepat majunya
Palu (Antaranews.com) - Kesadaran dan kesatuan warga desa sangat menentukan keberhasilan program Integrasi Kampung KB yang sedang giat dilaksanakan BKKBN dan Komisi IX DPR RI di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Mari Kita perkuat ketahanan keluarga di desa ini. Harus ada kesadaran dan kesatuan dari masyarakat agar tercipta tunjun Kampung KB," kata  Kabid Data dan Kelembagaan Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Poso Nuraisha pada pencanangan Integrasi Kampung KB di Desa Bulili, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso, Selasa (5/12).

Pencangan ini terselenggara atas kerjasama BKKBN dan Komisi IX DPR RI dan dihadiri Kepala Desa Bulili Yosafat Madoli, S.Sos, epala Seksi Advokasi dan KIE BKKBN Provinsi Sulteng Aprianto serta Anggota Komisi IX DPR RI dr Verna Gladys Merry Inkiwiriang.  

Menurut Nuraisha, masyarakat Desa Bulili harus berbangga karena daerahnya terpilih sebagai tempat Integrasi Kampung KB atas kepercayaan BKKBN dan komisi IX DPR RI.

"Tapi jangan hanya ada pencanganan Kampung KB yang begitu meriah namun setelah itu tidak ada implementasi. Harus ada kesadaran dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat agar tercipta tujuan Kampung KB," ujarnya.

Ia berharap kepada kepala desa setempat untuk mengusahakan agar ada sekretariat Kampung KB sebagai rumah data untuk mengumpulkan semua informasi dan data yang dibutuhkan untuk percepatan pembangunan desa.

Kasi Advokasi dan KIE BKKBN Provinsi Sulteng Aprianto pada kesmepatan yang sama menekankan bahwa Kampung KB adalah program prioritas utama Presiden Jokowi sebagai sebuah pintu gerbang bagi seluruh program pembangunan dari semua sektor yang akan mask ke desa.

"Jadi sangat rugi bila sudah dicanangkan tetapi Kampung KB tidak dijalankan dengan baik," ujarnya.

Anggota Komisi IX DPR RI Verna Inkiriwang menjelaskan tentang latar belakang adanya program Kampung KB.

Setelah reformasi, katanya, kependudukan di Indonesia tidak tersosialisasi dengan baik dan adanya perubahan demografi karena angka kelahiran sangat tinggi karena yang ikut KB hanya sedikit.

Nah, Kampung KB merupakan strategi KKBPK kepada seluruh lintas sektor yang tujuannya mengendalikan pertumbuhan penduduk dan mempercepat kesejahteraan keluarga.

Jadi seharusnya, kata Verna, kampung KB ini ditunjang oleh semua sektor agar cepat maju dalam pembangunan. 

Putri mantan Bupati Poso dua periode Piet Inkiriwang ini mengharapkan da partisipasi aktif dari masyarakat untuk suksesnya Integrasi Kampung KB dna memberi apresiasi kepada pokja dan kader KB atas jasa mereka untuk program Kampung KB.

Di akhir acara digelar penyerahan hadiah-hadiah menarik kepada peserta sosialisasi yang mampu menjawab pertanyaan sekitar program Kependudukan dan KB, dengan hadiah utama sebuah sepeda. (Humas BKKBN)

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar