DMI Palu bangun mushalah semi permanen pascabencana

id DMI,masjid,masjid terapung,masjid sementara

DMI Palu bangun mushalah semi permanen pascabencana

Pekerja membangun masjid darurat dengan menggunakan rangka baja ringan di lokasi pengungsian di halaman Masjid Agung di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (22/10/2018). Pembangunan masjid darurat itu untuk memudahkan warga muslim yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami menjalankan ibadah. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Palu (Antaranews Sulteng) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, membangun tempat ibadah semi permanen dan darurat berupa mushalah sebagai ganti masjid yang rusak saat gempa, likuifaksi dan tsunami menerpa kota tersebut.

"Iya, pembangunan mushalah darurat itu tersebar di seluruh wilayah Kota Palu," kata Ketua DMI Kota Palu, Mohammad Iqbal Andi Magga, Minggu.

Hingga saat ini tempat ibadah umat Islam yang telah dibangun berjumlah sekitar 25 unit tersebar di seluruh wilayah Kota Palu.

Jumlah itu, belum memenuhi seluruh kebutuhan. Karena banyaknya rumah ibadah berupa masjid dan mushalah yang rusak saat gempa, likuifaksi dan tsunami menghantam pada 28 September 2018.

Karena itu, menurut Iqbal, DMI akan menambah pembangunan rumah ibadah berupa mushalah sebanyak 30 unit untuk Kota Palu.

"Penambahan pembangunan rumah ibadah berupa mushalah ini, akan dilangsungkan sekitar pekan depan dimulai," sebut Eki sapaan akrab Iqbal Andi Magga.

Ia mengemukakan, 30 mushalah yang akan dibangun pada pekan depan, tidak lagi bersifat darurat melainkan semi permanen.

Bahkan, menurut dia, semua rumah ibadah yang dibangun oleh DMI seluruh sarana prasarananya ditanggung oleh DMI pusat.

"Daerah, hanya menyalurkan atau membangunkan. Seluruh sarana mulai dari sound sistem, karpet, dan seterusnya di tanggung oleh DMI pusat," kata.

Berdasarkan data DMI Kota Palu terdapat 127 rumah ibadah masjid dan mushalah rusak di terpa gempa, likuifaksi dan tsunami. Sekitar 42 rumah ibadah rusak total, 60 rusak sedang dan 25 rusak ringan.
 
Bangunan masjid Baiturrahman ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu. Masjid ini berdampingan dengan Palu Grand Mal yang terletak di Jalan Diponegoro Palu Barat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/)