AceSyadzily: Golkar peroleh jumlah kursi DPR terbesar kedua di Pemilu 2019.

id Ace hasan, rekapitulasi pileg,partai golkar,kursi di dpr

AceSyadzily: Golkar peroleh jumlah kursi DPR terbesar kedua di Pemilu 2019.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Partai Golkar, Ace Syadzily. (ANTARA/Hanni Sofia)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Golkar bidang Media dan Penggalangan Opini, Ace Syadzily, mengatakan Golkar memeroleh jumlah kursi DPR terbesar kedua di Pemilu 2019.

"Soal perolehan pemilu legislatif, alhamdulillah Partai Golkar berada dalam urutan kedua perolehan kursi DPR RI," kata Ace dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, meskipun dalam rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif DPR 2019, Golkar berada di urutan ketiga setelah PDI Perjuangan dan Gerindra, namun dari sisi perolehan kursi, Golkar nomor dua.

"Secara perolehan suara memang demikian (Golkar ketiga). Tetapi dalam perhitungan pemilu legislatif, yang harus dilihat adalah konversinya ke dalam kursi di DPR," jelas Ace.

Ia mengatakan, perolehan kursi DPR antara Partai Golkar dengan Partai Gerindra cukup jauh, yaitu selisih tujuh kursi.

"Dalam pemilihan legislatif, tentu yang dilihat adalah perolehan kursinya karena kursi di DPR RI lah yang menjadi barometer perolehan pemilu legislatif," kata dia

Ia mengatakan, berdasarkan perhitungan hasil konversi perolehan suara menjadi kursi di DPR RI, Partai Golkar memperoleh 85 kursi, di bawah PDI Perjuangan yang memperoleh 129 kursi.

Sementara Partai Gerindra di urutan ketiga dengan perolehan kursi sebanyak 78 kursi.

"Tentu raihan ini patut mendapatkan apresiasi. Di bawah kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto, Partai Golkar dapat bertahan pada urutan kedua di parlemen," kata dia.

Dia menekankan dengan raihan kursi di DPR tersebut, Partai Golkar berhasil mematahkan prediksi berbagai pihak yang sempat memperkirakan Golkar akan turun secara drastis.

"Hal ini bisa kita lihat dari hasil semua survei oleh lembaga-lembaga survei yang kredibel menyatakan bahwa suara untuk Golkar akan turun besar sampai satu digit, bahkan ada yang menyebut sampai dikisaran 6-9 persen. Alhamdulillah partai Golkar masih dapat bertahan di urutan kedua perolehan kursinya," kata dia.