Lalu lintas trans Sulawesi Morowali-Palu sudah normal kembali

id BPJN XIV,jembatan putus morowali,morowali,IMIP

Lalu lintas trans Sulawesi Morowali-Palu sudah normal kembali

Masyarakat berupaya memasang gelagar batang kelapa di atas oprit jembatan Bahoyuno Wosu yang terputus dihantam banjir, Sabtu (8/6), agar lalu lintas trans Sulawesi Morowali-Palu bisa bergerak kembali. (Antaranews Sulteng/Doc. BPJN XIV)

Atas bantuan warga sekitar, segera dipasang gelagar batang kelapa di atas oprit jembatan yang putus itu sehingga kendaraan bisa melintas di atasnya.
Palu (ANTARA) - Arus lalu lintas di jalan trans Sulawesi antara Kota Bungku, Ibu Kota Kabupaten Morowali, menuju Kota Palu, Sulteng, kini sudah normal kembali setelah terputus selama beberapa jam akibat jembatan Wosu tertimpa banjir bandang, Sabtu (8/6).

"Alhamdulillah, berkat antusiasme masyarakat membantu kita, jalan sudah terbuka kembali sore ini," kata Irvan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 35 Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XIV Wilayah Sulteng yang dihubungi melalui telepon genggamnya, Sabtu petang.

Menurut dia, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Morowali dan Morowali Utara selama beberapa hari terakhir, jembatan Bahoyuno, Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, terputus karena opritnya tergerus air yang cukup deras, Sabtu pagi.

Namun demikian, atas bantuan warga sekitar, segera dipasang gelagar batang kelapa di atas oprit jembatan yang putus itu sehingga kendaraan bisa melintas di atasnya.

Irvan mengakui bahwa sejak empat hari sebelum Idul Fitri 1440 Hijriah, sudah ada tanda-tanda akan terjadi kerusakan seperti ini bila hujan masih terus mengguyur.

"Ternyata benar, hari ini kejadian, sebab air banjir naik sampai hampir menyentuh lantai jembatan dan opritnya sehingga oprit (penghubung jembatan dan badan jalan) ke arah Palu putus," ujarnya.

Keterangan lain yang dihimpun Antara menyebutkan air bah di Sungai Bahoyuno Wosu yang terjadi kali ini memang paling besar dibanding banjir-banjir sebelumnya karena air sampai menutupi oprit jembatan.

Pemerintah Kabupaten Morowali sebenarnya sudah memasang bronjong di atas oprit jembatan tersebut untuk mengendalikan arus air, namun bronjong itu sendiri rusak dihantam banjir.

Sementara itu, upaya menormalisasi lalu lintas di Jembatan Dampala, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali yang juga terputus pada Sabtu (8/6), masih membutuhkan waktu cukup lama karena kerusakan terjadi pada badan jembatan.

BPJN sedang berupaya memasang jembatan darurat dari besi (bally) di jembatan itu, namun harus mengumpulkan bahan-bahannya dulu dari berbagai lokasi di Sulteng.

Akibatnya, arus lalu lintas trans Sulawesi dari Morowali ke Kendari, Sultra, masih terputus total dan tidak ada jalur alternatif untuk menggantikan Jembatan Dampala tersebut agar masyarakat bisa berkendara menuju Kendari, Sultra.

Baca juga: Jalan Trans Sulawesi Sulteng-Sultra putus, kawasan IMIP terisolir
Baca juga: BPJN XIV pasang jembatan 'bally' di Sungai Dampala Morowali


Menurut dia, sejumlah sumber menyebutkan, banjir di musim hujan di Kabupaten Morowali akhir-akhir ini semakin parah dibanding tahun-tahun sebelumnya karena hutan-hutan di hulu sungai semakin gundul akibat penambangan nikel dan perkebunan.

Selain itu, tingginya frekuensi lalu lintas kendaraan dengan muatan berat di atas daya dukung jalan, merupakan ancaman tersendiri bagi kelestarian jalan dan jembatan di jalur trans Sulawesi Sulteng-Sultra.

Kehadiran PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), sebuah kawasan industri pertambangan nikel terbesar di Indonesia di Kecamatan Bahodopi yang mempekerjakan sekitar 35.000 tenaga kerja, menjadikan jalan trans Sulawesi semakin padat arus lalulintas baik untuk barang maupun penumpang, baik dari arah Kota Palu, Sulteng maupun Kendari, Sultra.
 
Kondisi jembatan Wosu setelah diperbaiki (Antaranews Sulteng/Doc. BPJN XIV)

Kondisi jembatan Wosu setelah diperbaiki dan dilaui kendaraan (Antaranews Sulteng/Doc. BPJN XIV)