10 Tewas Dalam Perang Narkoba di Mexico

id narkoba, mexico

Penangkapan gembong narkoba di Mexico. (reuters)

Media melaporkan kelompok bersenjata yang memakai senapan dan granat menyerang pos-pos pemeriksaan kelompok sipil yang "main hakim" tersebut.
Mexico City (antarasulteng.com) - Sepuluh orang dilaporkan meninggal dalam bentrok antar-kelompok bersenjata pada hari Ahad di Michoacan, wilayah bagian barat Meksiko, yang dikenal sebagai kawasan pertarungan komplotan produsen dan pengedar narkoba.
        
Perang antara dua kelompok masyarakat itu terjadi di dekat kota Apatzingan -- kawasan yang dikuasai oleh komplotan pengedar narkoba, demikian laporan media setempat.
        
Pihak berwajib setempat belum berhasil dimintai keterangan atas kasus tersebut oleh Reuters sedangkan pihak berwenang di tingkat pusat belum bisa memberikan perincian mengenai pertikaian tersebut.
        
Di antara korban meninggal terdapat pemuka kelompok masyarakat yang belum lama ini menetapkan sendiri keberadaan mereka sebagai penguasa keamanan di wilayah tersebut, dan mengatakan bahwa pihak berwajib di daerah dan pusat tidak mampu melindungi mereka dari komplotan penjahat.
        
Media melaporkan kelompok bersenjata yang memakai senapan dan granat menyerang pos-pos pemeriksaan kelompok sipil yang "main hakim" tersebut.
        
Michoacan dikenal sebagai pusat pembuatan metamin.
        
Kelompok yang bersaing itu bertikai mengenai pembuatan obat-obat terlarang sintesis itu bersarang di daerah pegunungan yang miskin, yang juga merupakan kawasan penanaman marijuana dan candu.
        
Meksiko telah dilanda oleh kekacauan antar-warga pada bulan ini.
        
Protes dan pemblokiran jalan-jalan utama terjadi pekan lalu di Ibu Kota dan kota-kota lain. (Ant/Rtr)

Editor : Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar