Anwar Hafid dipastikan maju cagub Sulteng

id Pilkada Sulteng,Anwar Hafid

Anwar Hafid dipastikan maju cagub Sulteng

Anggota DPR RI juga Ketua DPD Demokrat Provinsi Sulawesi TengahAnwar Hafid saat bersilaturahim dan tasyakkuran bersama masyarakat Morowali di kediamannya di Bungku, Morowali, Minggu (22/12). (Foto:Abin)

Selaku kader Demokrat, kami ingin Anwar Hafid memimpin Sulteng lima tahun mendatang. Beliau sudah teruji
Palu (ANTARA) - Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah Anwar Hafid dipastikan akan menjadi calon gubernur provinsi setempat pada Pilkada serentak 2020.

"Ini sudah diputuskan di internal partai bahwa Anwar Hafid akan maju sebagai calon gubernur," kata Wakil Ketua DPD Demokrat Sulteng Nur Rahmatu di Palu, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu terkait dengan banyaknya wacana yang berkembang seputar pemilihan gubernur/wakil gubernur bahwa Anwar Hafid akan menjadi calon wakil gubernur.

"Pak Anwar tidak mencalonkan sebagai wakil gubernur, tetapi sebagai calon gubernur. Berpasangan dengan siapa, itu nanti," kata Nur Rahmatu.

Menurut Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulteng itu, Anwar yang kini menjabat sebagai anggota DPR RI telah memiliki pengalaman lebih dari cukup, baik sebagai mantan bupati dua periode, maupun sebagai politisi yang telah lolos ke DPR RI.

Selain itu kata Nur, mantan bupati Morowali itu juga memiliki pengalaman tempur di medan politik setelah teruji melalui dua kali pilkada dan sekali pemilu.

"Selaku kader Demokrat, kami ingin Anwar Hafid memimpin Sulteng lima tahun mendatang. Beliau sudah teruji," katanya.

Dia mengatakan seluruh kader Demokrat telah bertekad akan memenangkan Anwar Hafid jika menjadi calon gubernur.

"Dan kami pastikan pak Anwar tidak maju di pilkada kalau hanya calon wakil gubernur," katanya.

Baca juga: KPU Sulteng : Pilkada harus hasilkan pembangunan bahagiakan rakyat
Baca juga: KPU: Jadikan pilkada Banggai sebagai sarana wisata politik


Sebelumnya, pada acara silaturahim bersama masyarakat di Morowali, Minggu (22/12), Anwar Hafid telah menyatakan tekadnya untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada 2020.

“Sebelumnya, saya sampaikan bahwa saya tidak maju kalau Pak Ahmad Ali maju. Saya sudah bertemu beliau, dan beliau mengatakan tidak maju, maka Bismillah saya maju,” kata Anwar Hafid di depan ribuan warga Morowali pada silaturahim dan di kediamannya.

Ahmad Ali adalah Wakil Ketua Umum Nasdem dan Ketua Fraksi Nasdem DPR RI, berasal dari kampung halaman yang sama dengan Anwar Hafid di Wosu, Bungku Barat, Morowali.

Pada silaturahmi dan tasyakuran tersebut, Anwar Hafid sekaligus meminta doa restu dari warga Morowali agar untuk maju sebagai salah satu calon gubernur dalam pada Pilkada 2020.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Morowali yang sudah bersama-sama ikut membangun Morowali seperti sekarang dan mengantar dirinya menjadi anggota DPR-RI pada Pemilu 2019.

Karir politik Anwar Hafid bermula dari birokrasi setelah menjabat camat di Towuti, Luwu Utara, dan Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. 

Di Setda Kabupaten, dia pernah menjadi Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu timur, dan selanjutnya menjadi Asisten I Pemkab Luwu Timur.

Dari sana ia kemudian bertarung di pilkada Morowali dan terpilih dua kali berturut-turut. 

Ketua DPD Demokrat Sulteng itu memiliki latar belakang pendidikan sarjana Ilmu Sosial dan Politik di Unhas Makassar. Selanjutnya magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muslim Indonesia, Makassar. 

Saat ini ia sedang menyelesaikan program doktoralnya di IPDN Bandung.***