Wartawan-Diplomat Djafar Assegaf Meninggal Dunia

id Djafar Assegaf

Wartawan-Diplomat Djafar Assegaf Meninggal Dunia

Sayyid Dja'far bin Husein bin Ahmad Assegaf (ANTARASulteng/Istimewa)

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Munggang Balekambang 58, Depok, Jawa Barat untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta."
Jakarta (antarasulteng.com) - Tokoh pers dan wartawan senior Perum Lembaga Kantor Berita ANTARA yang juga dikenal luas sebagai diplomat, Sayyid Dja'far bin Husein bin Ahmad  Assegaf atau yang dikenal dengan Djafar Assegaf meninggal dunia pada Rabu (12/6) pukul 05.00 WIB di Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta.

Menurut keterangan salah satu puteranya Gazy Assegaf yang dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin, mendiang menderita penyakit hernia sejak 17 tahun lalu.

"Pascaoperasi, ayah masih bertahan. Tapi setelah kemoterapi, beliau mungkin sudah tidak kuat lagi, mungkin ini sudah waktunya," katanya.

Gazy mengatakan ayahnya tersebut tidak berpesan apa-apa untuk keluarga.

"Itu yang kami tunggu-tunggu sebetulnya. Beliau cuma bilang 'sudah jangan diapa-apakan lagi'," katanya.

Jenazah akan dibawa ke rumah duka di Jalan Munggang Balekambang 58, Depok, Jawa Barat, untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

"Untuk jamnya kita belum bisa memastikan karena sekarang ayah masih diproses di rumah sakit, masih dilepas dari alat-alat yang selama ini menopangnya," katanya.

Dia mengatakan mendiang juga sempat dikunjungi sejumlah politisi di tempat ia bernaung, yakni Partai NasDem, seperti Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Akbar Faisal.

Sebelumnya, mantan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam tersebut sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana sejak 17 Maret 2013, namun seminggu terakhir mendiang dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Semasa hidupnya, Djafar Assegaf dikenal aktif di dunia politik, sebagai mantan Ketua Dewan Pembina Partai NasDem dan menjabat peranan penting di berbagai media, seperti Wakil Pimpinan Umum Harian Media Indonesia. Mendiang juga sempat aktif mengajar sebagai dosen FISIP Universitas Indonesia.

ANTARA Berduka

Perum LKBN Antara berduka karena kehilangan salah satu wartawan senior terbaiknya, Djafar Assegaf .

"Kami kehilangan tokoh pers yang selama hidupnya didedikasikan untuk memajukan pers dan etika jurnalis baik dalam pendidikan dan praktiknya," kata Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Kusaeni di Jakarta, Rabu.

Akhmad Kusaeni menyebutkan Djafar Assegaf dikenal konsisten menjalankan diplomasi pers sehingga dalam kariernya pernah menjabat Dubes Indonesia untuk Vietnam,  di antara sejumlah wartawan Antara yang pernah menjadi Dubes antara lain Adam Malik di Uni Soviet, August Marpaung di Australia, Makmur Widodo di Perwakilan Tetap RI di PBB.

"Ia adalah penerus wartawan diplomat dari Kantor Berita Antara," ujar Kusaeni, mantan Kepala Biro Antara New York, AS, ini.

Dia menilai Djafar adalah pimpinan yang pertama kali melakukan sistem komputerisai di redaksi dan produk Antara pada akhir 1980an.

"Dulu wartawan Antara bikin berita pakai mesin ketik, lalu Pak Djafar mendapatkan hibah komputer NEC dari Jepang. Maka wartawan Antara termasuk media pertama yang memakai layanan komputer di Indonesia. Itu berkat Pak Djafar," katanya.

Djafar Assegaf meninggal dunia di usia 80 tahun akibat penyakit hernia yang dideritanya sejak lama. Mendiang meninggalkan seorang istri serta tiga anak, dua putra dan satu putri.

Sebelumnya, Djafar sempat dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana sejak 17 Maret 2013, namun seminggu terakhir mendiang dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Kemayoran.

Semasa hidupnya, Djafar Assegaf dikenal aktif di dunia politik, sebagai mantan Ketua Dewan Pembina Partai NasDem dan menjabat peranan penting di berbagai media, seperti Wakil Pimpinan Umum Harian Media Indonesia. Mendiang juga aktif sempat aktif mengajar sebagai dosen FISIP Universitas Indonesia.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Munggang Balekambang 58, Depok, Jawa Barat untuk selanjutnya dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (J010)