Usia hampir 80, Dokter Handoko Gunawan ikut berjuang lawan COVID-19

id dr Handoko Gunawan spesialis paru ,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Usia hampir 80, Dokter Handoko Gunawan ikut berjuang lawan COVID-19

Tangkapan layar dari postingan viral dokter senior Handoko Gunawan yang terlibat dalam tim penanganan COVID-19 meski sudah berusia 80 tahun. (Istimewa)

Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle covid, dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya, usia sdh mendekati 80
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah memperpanjang status darurat pandemi COVID-19 sampai dengan 29 Mei 2020 dan petugas kesehatan kini menjadi garda terdepan melawan penyakit tersebut, termasuk dokter senior Handoko Gunawan.

Unggahan tentang dokter spesialis paru yang berpraktik di RS Graha Kedoya, Jakarta Barat, itu viral di media sosial karena meski sudah berusia hampir 80 tahun dia tetap ikut dalam tim tenaga medis yang menangani COVID-19, meski sudah ditentang oleh anak-anaknya.

"Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle covid, dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya, usia sudah mendekati 80," demikian tulisan sebuah status dari akun Novia Kusumawardhani di sebuah media sosial pada Selasa.

 

Dalam unggahan itu, sang dokter menggunakan alat perlindungan diri lengkap dengan baju hazmat yang biasa digunakan tenaga medis untuk menghadapi pasien COVID-19.

Konten tersebut kemudian viral di beberapa media sosial, membuat banyak warganet membanjiri dr. Handoko Gunawan, Sp.P dengan pujian akan pengabdiannya dan doa agar sang dokter selalu tetap sehat.

Seperti diketahui, COVID-19 lebih mudah menginfeksi orang dengan ketahanan tubuh yang menurun dan orang lanjut usia. Bahkan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta kepada setiap negara untuk memprioritaskan pasien lansia dan yang memiliki penyakit penyerta dalam penanganan COVID-19.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan jumlah kasus positif penyakit yang disebabkan virus corona baru itu sudah mencapai 172 orang.

Penambahan kasus positif terbanyak ada di provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

Dari 172 kasus tersebut, 5 orang meninggal dunia dan 9 orang dinyatakan sembuh setelah menjalani serangkaian tes untuk mengonfirmasi kondisi mereka dan sudah dipulangkan dari rumah sakit per Selasa (17/3) malam.*