MUI: Al Quran memelihara 5 prinsip hidup

id Ketua MUI Sulsel AG KH Sanusi Baco,LC , COVID-19

MUI: Al Quran memelihara 5 prinsip hidup

Ketua MUI Sulsel KH Sanusi Baco, LC. ANTARA Foto/Ist

Makassar (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Anregurutta Sanusi Baco, LC mengatakan, kitab suci Al Quran yang berisi perintah dan larangan bertujuan memelihara lima prinsip hidup.

Hal itu dikemukakan Ag KH Sanusi pada peringatan malam Nuzulul Quran 1441 H yang digelar Forkopimda dan OPD Sulsel secara virtual di Makassar, Sabtu malam.

Dalam ceramahnya disebutkan Al Quran yang berjumlah 114 surah dan 6.666 ayat, memiliki dua kandungan utama, yakni perintah dan larangan yang bertujuan untuk memelihara lima prinsip hidup atau yang dikenal dharuriyyatul khams.

Kelima prinsip hidup itu yakni memelihara agama, memelihara keturunan, memelihara akal, memelihara harta, dan memelihara jiwa/nyawa.

Dalam rangka memelihara agama, lanjut dia, Islam mewajibkan untuk beribadah kepada Allah. Sementara bentuk memelihara keturunan itu lewat pernikahan.

"Islam menyariatkan pernikahan dan mengharamkan zina, karena zina itu merusak keturunan,” kata Anregurutta.

Sedang pemeliharaan akal dapat dilakukan dengan menghindari minuman keras dan narkoba,.karena keduanya dapat merusak akal.

Penelitian dalam dunia kesehatan, minuman keras tidak akan berubah menjadi darah maupun dikeluarkan dalam bentuk kotoran, sejeperti layaknya minuman yang lain, namun justeru akan menjadi pengganjal peredaran darah.

Adapun bentuk pemeliharaan harta, salah satunya Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

Sementara, pemeliharaan jiwa/nyawa adalah diharamkannya membunuh atau bunuh diri.

Memelihara jiwa/nyawa sama artinya memelihara bangunan Allah. Jadi, siapa yang membunuh dan bunuh diri, maka dia telah merusak bangunan Allah,” ujar Anregurutta Sanusi Baco.