Pemkab Sigi maksimalkan pariwisata hadapi normal baru

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Kabupaten Sigi,pariwisata sigi,wisata sigi,objek wisata sigi

Pemkab Sigi maksimalkan pariwisata hadapi normal baru

Pemkab Sigi meningkatkan kapasitas pelaku objek wisata, dalam rangka memaksimalkan sektor pariwisata di tengah normal baru pandemi COVID-19. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)

Kita akan terus berupaya kembangkan objek wisata di Sigi, mulai dari eksplorasiĀ potensi, pembangunan infrastruktur, promosi dan branding, serta pengembangan sumber daya manusia

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berupaya memaksimalkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang diandalkan untuk memajukan perekonomian di daerah itu dengan meningkatkan kapasitas para pengelolanya di masa normal baru COVID-19.

“Kita akan terus berupaya kembangkan objek wisata di Sigi, mulai dari eksplorasi potensi, pembangunan infrastruktur, promosi dan branding, serta pengembangan sumber daya manusia,” kata Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Selasa.

Kabupaten Sigi, kata Irwan menjadi salah satu kabupaten di Sulteng yang memiliki banyak potensi wisata alam antara lain hutan, gunung, endemik khas daerah, danau dan lokasi paralayang.

Irwan mengakui potensi wisata hutan, gunung, danau, serta potensi hasil hutan bukan kayu di Kabupaten Sigi, dalam pengembangannya belum berjalan maksimal.

Hal itu dipengaruhi beberapa faktor antara lain, minimnya ketersediaan anggaran daerah maupun keterbatasan sumber daya manusia untuk mengembangkan potensi wisata.

“Olehnya penting sekali dilakukan pembinaan, pelatihan untuk mengembangkan kapasitas para pengelola objek wisata,” sebutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi Diah Agustiningsih Entoh mengemukakan, dalam menindaklanjuti kebijakan Pemkab Sigi terkait pengembangan sektor pariwisata, salah satunya menyiapkan sumber daya manusia yang berperan langsung dalam pengelolaan objek-objek wisata.

“Para pengelola objek wisata, kami tingkatkan kapasitasnya meliputi etika dan pelayanan, pemasaran dan membangun 'networking', strategi pariwisata di masa normal baru,” ujarnya.

Dinas Pariwisata Sigi kata dia, mendorong agar para pengelola dapat terus berinovasi menciptakan daya tarik bagi pengunjung, terutama dari sisi penampilan dan pelayanannya.

Pemkab Sigi optimistis ke depan sektor pariwisata akan menjadi kekuatan baru bagi Sigi, di samping pertanian yang merupakan potensi utama daerah itu.

Olehnya Pemkab Sigi sudah mulai menyiapkan roadmap/peta jalan pengembangan pariwisata, sebagai langkah awal pengembangan wisata sebagai kekuatan baru bagi Kabupaten Sigi.
 

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (tengah) berbincang dengan Kepala Dinas Pariwisata Sigi Diah Agustiningsih Entoh (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar