Pemkot Palu siap salurkan bansos beras tahap II

id bansos, palu,bulog

Pemkot Palu  siap salurkan bansos beras tahap II

Kepala Kantor Wilayah Perum Bulog Sulteng, Basirun saat menyerahkan secara simbolis bansos beras yang diperuntukan bagi PKH kepada salah seorang pejabat Dinas Sosial Kota Palu beberapa waktu lalu. ANTARA/Anas Masa

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah kini siap untuk menyalurkan bantuan sosial beras dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (PKH).

"Dalam waktu dekat ini juga kita distribusikan," kata Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Dinsos Palu Amiyuddinnya di Palu, Senin.

Ia mengatakan pemerintah pusat melalui Kemensos mengalokasikan bansos beras bagi PKH di seluruh Tanah Air untuk tiga bulan (Agustus-Oktober) 2020.

Setiap KK PKH mendapatkan bantuan beras sebanyak 15 kg per bulan selama tiga bulan tersebut.

Penyalurannya, kata dia, dilakukan dua tahap dan tahap pertama langsung didistribusikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) PKH untuk jatah dua bulan (Agustus-September) sebanyak 30kg/KK.

Khusus di Kota Palu, penerima bansos beras sebanyak 15.292 KK tersebar di 46 kelurahan pada delapan kecamatan.

Bansos beras bagi PKH dan lainnya merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam meringankan beban hidup masyarakat di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Tuting, salah seorang ibu rumah tanggah penerima bansos PKH di Kelurahan Tatura Selatan menyambut gembira bantuan beras karena memang mereka sangat merasakan dampak dari pandemi COVID-19.

"Bantuan ini sangat dibutuhkan di masa-masa pandemi seperti ini," kata dia.

Dia mengaku, sebelumnya sudah menerima jatah bansos beras dari Kemensos untuk Agustus-September 2020 sebanyak 30 kg.

Untuk jatah Oktober 2020 akan disalurkan Pemkot kepada pemegang kartu PKH sebanyak 15kg. "Jadi total bantuan beras bagi PKH untuk tiga bulan adalah 45kg." ujarnya.