Pemkab Parigi Moutong minta warga sukseskan program vaksinasi

id Imunisasi COVID-19, vaksin Cinovac, Zulfinasran, sekdaparimo, penanganan COVID-19, Parigi Moutong, sulteng

Pemkab Parigi Moutong minta warga sukseskan  program vaksinasi

Ilustrasi- Vaksin COVID-19. ANTARA

Sebagaimana instruksi pemerintah pusat, kami juga berperan menyukseskan kegiatan vaksinasi yang didukung masyarakat
Parigi (ANTARA) - Pemerintah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah meminta masyarakat setempat untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 guna meminimalisasi penyebaran virus corona.

Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran di Parigi, Jumat mengatakan saat ini pemerintah sedang menggalakkan program vaksinasi COVID-19 di seluruh wilayah setempat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

"Sebagaimana instruksi pemerintah pusat, kami juga berperan menyukseskan kegiatan vaksinasi yang didukung masyarakat," ujar Zulfinasran.

Dia menjelaskan setelah dua tahap imunisasi tenaga medis, pelayan publik, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri nanti selesai dilaksanakan, selanjutnya giliran masyarakat umum.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu terhadap vaksinasi COVID-19. Pemerintah telah menjamin keamanan vaksin karena telah melalui sejumlah penelitian dan uji klinis, oleh karena itu segera daftarkan diri," ucap mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong ini.

Dia menilai tidak mungkin pemerintah mencelakai rakyatnya sendiri, karena manfaat vaksinasi selain melindungi dan menambah sistem kekebalan tubuh, juga berguna ketika pemegang sertifikat hasil imunisasi melakukan perjalanan ke luar daerah saat melewati pos penanganan COVID-19 di perbatasan kabupaten/kota.

"Saya memiliki pengalaman saat melintas di pos penanganan COVID-19 di Kota Palu. Saya tidak memiliki surat hasil tes cepat, saya hanya memiliki sertifikat vaksinasi, akhirnya saya di izinkan melintas," kata Zulfinasran.

Pada imunisasi tahap pertama, Parigi Moutong mendapat kuota vaksin Sinovac sekitar 2.630 dosis dari total kuota yang diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebanyak 5.360 dosis."Setiap orang mendapat dua kali suntikan dengan rentang waktu dua pekan setelah vaksinasi pertama dilakukan," kata Zulfinasran.

Baca juga: DPW NasDem Sulteng perintahkan semua fraksi DPRD kawal vaksinasi COVID-19
Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Parigi Moutong akan dimulai pekan depan
Baca juga: Pemprov Sulteng: Prokes harus tetap diterapkan meski sudah divaksin
Baca juga: Upaya pulihkan kepercayaan warga agar dukung vaksinasi cegah COVID