Pemkab Parimo upayakan kampus Politeknik KP

id Politeknik KP, bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu, Parigi Moutong, Sulteng

Pemkab Parimo upayakan kampus Politeknik KP

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (kiri depan) menerima kunjungan rombongan civitas akademika kampus Politeknik Bitung, Sulawesi Utara dalam rangka membahas tindak lanjut penerimaan taruna-taruni pada kelas Vokasi Politeknik KP Bitung untuk Parigi Moutong yang berlangsung di Tinombo, Parigi Moutong, Senin (31/5/2021). ANTARA/HO/Kominfo Parigi Moutong

Saat ini daerah kami masih menjadi kelas vokasi bagi taruna-taruni Politeknik KP
Parigi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengupayakan berdirinya satu kampus permanen Politeknik Kelautan dan Perikanan guna mendorong kualitas pendidikan di kabupaten itu.
 
"Saat ini daerah kami masih menjadi kelas vokasi bagi taruna-taruni Politeknik KP," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat menerima kunjungan Direktur Politeknik KP dan rombongan di Tinombo, Parigi Moutong, Senin.

Menurut dia, alangkah lebih baik jika kelas vokasi beralih status menjadi kampus permanen, dalam rangka menambah daftar perguruan tinggi di kabupaten itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa.

Bupati Samsurizal dan pihak Politeknik KP berdiskusi membahas tindak lanjut penerimaan calon taruna-taruni baru karena sudah dipetakan dalam zona oleh civitas akademik Politeknik KP Bitung, Sulawesi Utara.
 
"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Politeknik KP Bitung. Kami berharap kerja sama ini terus terjalin dengan baik agar Parigi Moutong tidak hanya menjadi kelas Vokasi saja akan tetapi dapat menjadi kampus permanen ke depan," ujar Syamsurizal.
 
Menurut bupati, perguruan tinggi tersebut sangat cocok berdiri di kabupaten ini, karena kelautan dan perikanan di Parigi Moutong merupakan salah satu sektor unggulan oleh karena itu perlu penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) memadai dalam mengelola sektor ini ke depan.

Maka, kata kuncinya adalah kampus Politeknik KP perlu dibangun secara permanen untuk mencetak tenaga-tenaga yang terampil di bidangnya.

"Di kelas Vokasi kami upayakan anak-anak daerah bisa berkontribusi mengisi bangku perkuliahan untuk disiapkan menjadi tenaga siap pakai dalam industri kelautan dan perikanan," papar Samsurizal.

Direktur Politeknik KP Bitung Daniel Ndahawli mengatakan, Politeknik KP merupakan lembaga pendidikan perguruan tinggi di bawah Badan Riset Pengembangan SDM kelautan dan perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tugas mereka mencetak SDM di bidang kelautan dan perikanan yang cakap, handal dan terampil serta siap pakai.
 
"Setiap tahun kami mampu menghasilkan SDM yang baik dari berbagai klasifikasi seperti teknik penangkapan ikan dan mesin perikanan, pengolahan produk perikanan, budidaya perikanan tangkap berstandar Internasional," katanya.

Kelas Vokasi di Parigi Moutong, saat ini masih di bawa naungan Politeknik Bitung sebagai kampus pusat.