BIN Sulteng gencarkan vaksinasi COVID untuk pelajar di Kabupaten Poso

id bin ,kabinda sulteng,bin daerah sulteng,pelajar poso,pelajar palu,vaksinasi,covid

BIN Sulteng  gencarkan vaksinasi COVID untuk pelajar di Kabupaten Poso

Proses pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran pelajar yang dilaksanakan oleh BIN Daerah Sulteng, di SMAN 3 Kabupaten Poso, Kamis(21/10/2021). ANTARA/HO-Dok BIN Daerah Sulteng

Palu (ANTARA) - Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Provinsi Sulawesi Tengah menggencarkan vaksinasi untuk pelajar di satuan pendidikan tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Poso, guna membentuk kekebalan tubuh pelajar dari ancaman bahaya COVID-19.

"BIN menyediakan 7.500 dosisn vaksin untuk vaksinasi pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Poso," kata Kepala BIN Daerah Sulteng Brigjen Andi Chandra As’adudin dihubungi via telepon dari Palu, Kamis.

Pelaksanaan vaksinasi pelajar dipusatkan di SMAN 3 Kabupaten Poso, dan vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum dipusatkan di Desa Tonusu dan Kelurahan Pamona, Kecamatan Pamona Puselemba, dengan jumlah dosis vaksin yang disediakan oleh BIN mencapai 7.500 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi COVID untuk pelajar, tidak hanya untuk membangun kekebalan tubuh. Melainkan, sebagai bentuk kontribusi BIN dalam menopang kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan PTM atau pembelajaran di satuan pendidikan secara tatap muka langsung.

Sementara vaksinasi dengan sasaran masyarakat umum di Kabupaten Poso, agar terbentuk daya tangkal masyarakat terhadap penyebaran dan penularan COVID.

Brigjen Andi Chandra As’adudin mengemukakan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihaknya dengan sasaran pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Poso, merupakan vaksinasi lanjutan atau vaksinasi dosis ke dua.

Pelaksanaan vaksinasi lanjutan atau vaksinasi dosis ke dua, sebut Andi Chandra, juga dilaksanakan di Kota Palu dengan sasaran pelajar dan masyarakat umum.

"Lokasi pelaksanaan vaksinasi pelajar di Kota Palu dipusatkan di kompleks Alkhairaat Pusat," ujarnya.

Untuk vaksinasi dosis ke dua di Kota Palu, BIN Daerah Sulteng menyediakan vaksin sebanyak 3.500 dosis.

Dengan begitu, jumlah total dosis vaksin yang disediakan oleh BIN Daerah Sulteng untuk Kota Palu dan Kabupaten Poso berjumlah 11.000 dosis vaksin.

“Jika di lokasi pelaksanaan vaksinasi masih terdapat sisa vaksin, Dinas Kesehatan Kota Palu dan setempat dapat mengalihkan ke wilayah yang dinilai cakupan vaksinasinya masih rendah,” katanya.

Kabinda Andi Chandra mengapresiasi Pemkot Palu dan Pemkab Poso, yang telah bersinergi dengan BIN Sulteng untuk memperluas cakupan vaksinasi,.

Apresiasi yang sama dismpaikan Kabinda Andi Chandra kepada Pemkab Parigi Moutong, Pemkab Morowali, Pemkab Banggai dan Pemkab Tojo Una-Una yang telah bekerjasama dengan BIN Daerah Sulteng, melaksanakan vaksinasi massal dengan total sasaran 5.500 dosis untuk pelajar dan masyarakat pada 19 Oktober 2021.

Menurut dia, Pemerintah pusat memberi perhatian pelaksanaan vaksinasi di Sulteng ditandai dengan diikutkannya Pesantren Pusat Alkhairaat Palu, SMAN 3 Poso dan SMAN 1 Parigi pada kegiatan virtual vaksinasi nasional yang dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Semoga perhatian ini memacu pencapaian target vaksinasi nasional sebesar 70 persen pada Desember 2021,” katanya.
Proses pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan sasaran masyarakat umum yang dilaksanakan oleh BIN Daerah Sulteng, di Desa Tonusu dan Kelurahan Pamona, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Kamis. (ANTARA/HO-Dok BIN Daerah Sulteng)