Rektor: UIN Datokarama topang pembangunan SDM Sigi

id uin sigi,uin datokarama,uin palu,pemkab sigi,bupati sigi,prof sagaf pettalongi,mohamad irwan

Rektor:  UIN Datokarama topang pembangunan SDM Sigi

Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd (tengah) berbincang dengan Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri), di kampus II UIN Datokarama di Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, mengemukakan perguruan tinggi yang dipimpinnya berupaya memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulawesi Tengah.

"Upaya ini dilakukan dengan berbagai kegiatan dan program secara berkelanjutan," ucap Prof Sagaf S Pettalongi MPd di Sigi, Rabu.

Kabupaten Sigi, sebut Prof Sagaf menjadi satu lokasi yang dipilih oleh UIN Datokarama, sebagai lokasi pengembangan kampus tersebut tepatnya di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

"Sesuai dengan rencana pengembangan yang telah disusun, kampus dua UIN Datokarama di Sigi akan menjadi kampus utama," kata Prof Sagaf S Pettalongi.

Prof Sagaf mengatakan Sigi menjadi lokasi strategis pengembangan kampus, yang saat ini terus dilakukan pembangunan gedung perkuliahan dan gedung administrasi di lokasi tersebut.

Saat ini di lokasi kampus dua, terdapat lima gedung yang telah difungsikan oleh komponen civitas akademik UIN Datokarama. Selain lima gedung berlantai tiga tersebut, UIN Datokarama juga sedang membangun dua gedung layanan administrasi di lokasi tersebut.

"Kami telah mengusulkan penambahan pembangunan gedung ke Kementerian Agama untuk tahun 2022," sebut Prof Sagaf yang juga Waketum MUI Provinsi Sulteng.

Prof Sagaf mengemukakan pengembangan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi, akan lebih optimal dengan adanya dukungan dari Bupati Sigi Mohamad Irwan yang bersedia menghibahkan lahan untuk kampus tersebut seluas 40 hektare.

"Dengan begitu seluruh komponen UIN Datokarama akan beraktivitas penuh setiap hari di Sigi untuk pelayanan akademik, pelayanan kepada masyarakat, dan optimalisasi pengembangan keilmuan dan kontribusi untuk daerah," sebutnya.

Ia menerangkan bila seluruh aktifitas komponen civitas akademik UIN Datokarama telah dipusatkan di Sigi, maka kampus satu di Kota Palu akan dibenahi kembali dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan kampus tersebut.

"Dalam rencana pengembangan kampus satu akan dijadikan sebagai sumber pendapatan Badan Layanan Umum (BLU), yaitu kampus satu kita jadikan hotel syariah," ujar Prof Sagaf.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan Pemkab Sigi siap membantu pengembangan UIN Datokarama, termasuk membantu dalam penyediaan lahan untuk perluasan pembangunan sarana dan infastruktur kampus.

Gedung perpusatakaan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang saat ini dalam perampungan pembangunan. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022