Donggala siapkan gerai vaksinasi di objek wisata hadapi Tahun Baru

id Pariwisata, wisata, wisatawan, dinas pariwisata, pemkabdonggala, Johan Dwirisyanto, Sulteng, tahun baru, libur, pantai

Donggala  siapkan gerai vaksinasi di objek wisata hadapi Tahun Baru

Ilustrasi- Pengunjung menikmati wahana permainan air di obyek wisata pantai Tanjung Karang Donggala, Sulawesi Tengah. ANTATA/Basri Marzuki

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten dan Polres Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan gerai vaksinasi bagi pengunjung yang belu mendapat layanan vaksinasi di sejumlah objek wisata prioritas kabupaten tersebut menghadapi momen libur Tahun Baru 2022.
 
"Ini bagian dari upaya pemerintah mengetatkan protokol kesehatan di objek-objek wisata, dan dalam pelayanan pariwisata kami melaksanakannya sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan COVID-19," kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Donggala Johan Dwirisyanto yang dihubungi dari Palu, Kamis.
 
Ia memaparkan, pengetatan prokes di objek wisata sesuai instruksi Pemerintah Pusat, sehingga Pemda menggandeng TNI/Polri ikut terlibat melakukan pengawasan dan pengamanan objek wisata di masa pandemi.
 
Gerai vaksinasi disiapkan pemerintah setempat berada di objek wisata prioritas, diantaranya Pantai Tanjung Karang dan Pusentasi atau Pusat Laut, sehingga setiap wisatawan wajib menunjukkan kartu vaksinasi, sedangkan mereka yang belum di vaksin, telah disediakan tempat khusus vaksinasi yang melibatkan tenaga kesehatan setempat.
 
"Kami tidak melarang warga berwisata, tetapi dalam momen ini kita harus taat terhadap prokes, karena kami tidak ingin muncul klaster baru di objek wisata, olehnya untuk memperkuat itu maka pemerintah menyiapkan gerai vaksinasi," ucap Johan.
 
Ia memaparkan, pada momen libur Natal lalu dan menjelang libur Tahun Baru, suasana objek wisata di kabupaten itu masih cukup landai di masa pandemi.
 
Tetapi, ada sejumlah objek yang di prediksi tingkat kunjungan cukup tinggi, diantaranya Pantai Tanjung Karang, Pantai Boneoge, Pantai Bonebula, Pusentasi, Pantai Kaluku serta objek wisata alam.
 
"Dari sejumlah objek yang diprediksi menjadi tujuan wisata akhir tahun, Tanjung karang lebih dominan di kunjungi, dari pantauan kami sekitar 85 persen cottage sudah dipesan wisatawan," katanya.
 
Di perkirakan, tiga hari ke depan Tanjung akan di padati wisatawan, baik mereka yang hanya sekedar menikmati pantai, maupun wisatawan yang menikmati pergantian tahun.
 
Ia menambahkan, sepanjang 2021, jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Donggala kurang lebih 13.08 kunjungan dengan jumlah potensi pariwisata sekitar 76 objek di 16 kecamatan dan 158 desa serta sembilan kelurahan.
 
"Dominasi pengunjung berada di objek wisata prioritas, yang jaraknya relatif dekat dengan ibu kota kabupaten," ujar Johan.