Kemenag Sulsel luncurkan Sipadu MAN 2 Kota Makassar

id Dipadu man 2 Makassar, kemenag Sulsel, madrasah digital

Kemenag Sulsel luncurkan Sipadu MAN 2 Kota Makassar

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel Khaeroni menekan layar tanda peluncuran aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu (Sipadu) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya guru, siswa dan alumni. ANTARA/HO-Kemenag Sulsel

Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Khaeroni meluncurkan aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu (Sipadu) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Ini adalah aplikasi berbasis website yang dirancang oleh staf IT di MAN 2 Makassar. Aplikasi ini akan sangat membantu masyarakat apalagi saat ini masih pandemi COVID-19," ujar Khaeroni di Makassar, Kamis.

Ia juga mengapresiasi pencapaian demi pencapaian yang dilakukan oleh MAN 2 Makassar, terlebih komitmen kuat MAN 2 Makassar menjadikan satuan kerjanya sebagai salah satu Kawasan Zona Integritas (ZI) di Kemenag Sulsel.

“Salah satu indikator ZI adalah adanya kemudahan dalam hal pelayanan, dan Sipadu ini sudah menjawab indikator tersebut," katanya.

Khaeroni berharap MAN 2 Makassar wajib berbenah menuju madrasah digital yang bertaraf internasional. Madrasah ini harus menjadi kiblat pendidikan dan pembelajaran bagi seluruh institusi pendidikan di Sulsel, karena saat ini nama MAN 2 Kota Makassar sudah menjadi ikon madrasah di Sulsel.

Ia juga mengaku bangga atas prestasi demi prestasi yang terus ditorehkan oleh anak-anaknya di MAN 2 Makassar, sehingga ia terus berharap agar inovasi terus bisa ditingkatkan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Khaeroni menjelaskan, aplikasi Sipadu merupakan sebuah inovasi layanan yang dikembangkan oleh salah satu staf IT MAN 2 Kota Makassar. Sipadu merupakan aplikasi berbasis web artinya dapat dijalankan menggunakan web browser.

"Sipadu untuk saat ini masih berupa aplikasi berbasis web, artinya hanya dapat dijalankan menggunakan browser. Harapannya nanti bisa dikembangkan ke arah aplikasi yang lebih kompleks misalnya mobile view atau jika memungkinkan ada versi android," harapnya.

Aplikasi Sipadu bisa dioptimalkan dalam melakukan pelayanan dalam ruang lingkup MAN 2 Kota Makassar, baik itu untuk guru, pegawai siswa dan alumni khususnya untuk layanan yang dapat dilakukan secara daring.

Sipadu dapat diakses pada halaman http://sipadu.man2kotamakassar.sch.id/home.