FUAD UIN Palu kerja sama 13 perguruan tinggi dalam-luar negeri

id SMART,UIN PALU,UIN DATOKARAMA,FUAD UIN PALU,SIDIK IBRAHIM

FUAD UIN Palu  kerja sama 13 perguruan tinggi dalam-luar negeri

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah UIN Datokarama Palu Dr H Sidik. ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan 13 perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

"Ruang lingkup kerja sama ini yakni optimalisasi tri dharma perguruan tinggi," kata Dekan FUAD UIN Palu Dr Sidik, di Palu, Senin.

UIN Datokarama Palu menjadi satu perguruan tinggi yang tergabung dalam SMART (sembagi arutala team) bersama 13 perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Sembagi arutala dalam Bahasa Sansekerta berarti cita-cita dan rembulan, yang dimaknai sebagi seseorang yang bercita-cita tinggi sekaligus mulia seperti rembulan.

Kata Sidik, SMART adalah organisasi perguruan tinggi untuk hubungan internasional dan kerjasama antar-universitas, untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi dalam lingkup konseling dan psikologi.

Maka, 14 perguruan tinggi yang tergabung dalam SMART meliputi UIN Datokarama Palu, UIN Purwokerto, Universiti Malaysia Sarawak, Universiti Malaysia Sabah, IAIN Pontianak, IKIP PGRI Pontianak, IAIN Kudus, UIN Jember, Universitas Negeri Gorontalo, UIN Raden Intan Lampung, UIN Raden Mas Said Surakarta, IAIN Batusangkar, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, sepakat bekerja sama meningkatkan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

"Seremonial penandatangan kerja sama ini dilakukan secara virtual Jumat 1 April 2022," kata Sidik.

Kesepakatan 14 perguruan tinggi meningkatkan pelaksanaan tri dharma diikutkan dengan melakukan kolaborasi pertukaran mahasiswa di dalam dan luar negeri.

Kemudian, melakukan diskusi antar-dosen setiap enam bulan, optimalisasi penelitian dan publikasi jurnal internasional, saling melibatkan dalam penyelenggaraan seminar dan workshop sebagai pembicara atau peserta untuk pengembangan kualitas program studi, studi banding pengembangan program studi.

Selain itu, 14 perguruan tinggi tersebut juga sepakat melakukan pengajaran secara bersama, serta saling melibatkan dosen dalam kuliah sebagai dosen tamu.

"Serta kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak serta tidak bertentangan dengan peraturan," ujar Sidik.

Sidik menambahkan, kerja sama ini menjadi satu peluang untuk pengembangan UIN Datokarama Palu khususnya pengembangan mutu akademik.
Penandatanganan perjanjian kerja sama SMART (sembagi arutala team) yang dilaksanakan secara virtual pada Jumat 1 April 2022. (ANTARA/HO-Dok FUAD UIN Palu)