Tim angklung Indonesia promosi budaya di AS

id angklung,angklung indonesia,tim angklung muhibah,KJRI San Fracisco,amerika serikat,promosi budaya indonesia

Tim angklung Indonesia promosi budaya di AS

Tim angklung Muhibah asal Bandung sepanjang Juli 2022 melakukan rangkaian pertunjukan angklung di berbagai wilayah di AS, mulai dari New York, Washington DC, Chicago, Boise hingga Burley dan Utah.  (ANTARA/HO-KJRI San Francisco)

Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal RI di San Francisco menyambut dan mengapresiasi tim angklung Muhibah asal Indonesia yang menjalankan rangkaian misi budayanya melalaui festival internasional di Amerika Serikat (AS).

Tim angklung Muhibah melakukan kunjungan ke San Francisco dan disambut secara hangat oleh Konsul Jenderal (Konjen) RI di San Francisco Prasetyo Hadi, para staf KJRI dan sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia pecinta angklung yang diundang, menurut keterangan KJRI San Francisco yang diterima di Jakarta, Senin.

"KJRI San Francisco menyambut baik dan mengapresiasi rangkaian misi budaya yang dilakukan Tim Muhibah Angklung yang semakin memperkenalkan angklung, sebagai salah satu kekayaan keragaman budaya nasional Indonesia kepada publik luas AS," kata Konjen Prasetyo.

Sepanjang Juli 2022, Tim Muhibah Angklung telah melakukan rangkaian pertunjukan angklung di berbagai wilayah di AS, mulai dari New York, Washington DC, Chicago, Boise hingga Burley dan Utah.

Tim angklung asal Bandung tersebut tampil di dua festival budaya bergengsi dunia, yakni Magic Valley Folk Festival di Burley (Idaho) dan World Folkfest di Springfield (Utah).

Tim Muhibah Angklung merupakan satu-satunya wakil dari benua Asia yang tampil dalam festival tersebut.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Indonesia, KJRI San Francisco menyampaikan terima kasih dan ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Muhibah Angklung atas keberhasilan misi budayanya dalam mempromosikan angklung sebagai salah satu musik tradisional Sunda yang juga menjadi bagian dari keragaman seni-budaya bangsa dan telah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak-Benda," ujar Prasetyo.

Pada sebuah acara pertemuan dan jamuan makan khusus, seluruh anggota Tim Muhibah Angklung memperoleh sertifikat dan plakat sebagai simbol apresiasi dari KJRI San Francisco.

Konjen Prasetyo mengemukakan bahwa yang dijalankan oleh Tim Muhibah Angklung itu adalah suatu contoh hal yang positif dan kreatif, sebagai langkah diplomasi second track karena turut mendorong misi diplomasi budaya Indonesia kepada masyarakat AS.

"Kami percaya dengan kiprah dan kontribusi pertunjukan seni angklung oleh Tim Angklung Muhibah ini, publik AS akan semakin mengenal, melekat dan memahami kekayaan budaya Indonesia yang multikultural ini dengan lebih utuh," ucap Prasetyo.

Dalam kesempatan kunjungan di San Francisco, Tim Muhibah Angklung mengungkapkan kebahagiaannya karena telah menyelesaikan misi budaya bertajuk "Angklung Goes to Amerika Serikat" dengan lancar dan mampu memopulerkan angklung di negeri Paman Sam.

"Kami berharap dengan misi budaya selama satu bulan di AS ini, angklung dapat lebih dikenal oleh masyarakat AS dan menjadi alat musik yang populer dan digandrungi oleh banyak orang. Kalau Korea punya K-Pop, maka Indonesia punya angklung," kata Ketua Tim Muhibah Angklung Maulana M. Syuhada.

 
Parade Budaya Indonesia yang dilakukan pada Festival Pelabuhan Kesennuma di kota Kesennuma Prefektur Miyagi pada Minggu (7/8/2022). (ANTARA/HO-KBRI Tokyo)

Parade di Jepang

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menaiki mobil terbuka untuk ikut Parade Budaya Indonesia yang dilakukan pada Festival Pelabuhan Kesennuma di kota Kesennuma Prefektur Miyagi pada Minggu (7/8).

Dubes Heri naik mobil terbuka untuk ikut Parade Budaya Indonesia Kesennuma Minato Matsuri atau Festival Pelabuhan Kesennuma, menurut KBRI Tokyo dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Festival tersebut diselenggarakan setiap tahun pada musim panas sejak 1951 untuk merayakan wisata laut yang aman dan hasil tangkapan yang melimpah.

Mulai 2003 Kesennuma Minato Matsuri selalu dibuka dengan parade budaya Indonesia yang diikuti oleh diaspora dan para sahabat Indonesia-Jepang.

Dalam parade ini mereka menampilkan barong, ondel-ondel, ogoh-ogoh hingga tari Bali di atas kendaraan hias, kata KBRI Tokyo.

Dalam sambutannya Dubes Heri menekankan Kesennuma adalah simbol persahabatan rakyat Indonesia dan Jepang.

"Ketika Tsunami di Aceh banyak sekali bantuan dari rakyat Jepang. Tahun 2011 ketika Jepang Timur dilanda tsunami, Presiden RI datang ke Kesennuma. Presiden saat itu sampaikan bantuan kepada Kesennuma yang sekarang diingat dalam bentuk Balai Anak Persahabatan Yudhoyono di Kesennuma. Inilah salah satu wujud kerja sama masyarakat Indonesia dan Jepang," ujarnya.

Wali Kota Kesennuma Shigeru Sugawara dalam sambutannya mengapresiasi dukungan dan partisipasi KBRI Tokyo dalam kegiatan Kesennuma Minato Matsuri.

Menurut Sugawara, Kesennuma dapat menjadi wadah pertemuan bagi WNI di Jepang mengingat sudah ada fasilitas umum seperti restoran Indonesia dan tempat ibadah seperti mushala.

Wali Kota Sugawara juga bertekad menjadikan Kesennuma sebagai kota yang paling mengerti dan memahami bangsa dan budaya Indonesia.

Hingga akhir Juni 2022, sekitar 460 warga Indonesia dipekerjakan oleh kapal penangkap ikan tuna milik Pelabuhan Kesennuma, dan 100 orang di antaranya dipekerjakan oleh kapal penangkap ikan tuna darat.

Kota Kesennuma dibangun pada 1 Juni 1953. Pada 11 Maret 2011, Kesennuma pernah hancur setelah diterpa gelombang tsunami.