Pemkab harap WIA berdayakan ekonomi perempuan Sigi

id Wanita Islam Alkhairaat,WIA Sigi,Pemkab Sigi,Sekkab Sigi,Muh Basir

Pemkab harap WIA berdayakan ekonomi perempuan Sigi

Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir menyampaikan sambutan pada perayaan HUT ke-12 Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Kabupaten Sigi, di Dolo, Selasa (22/8/2022). (ANTARA/HO- Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengharapkan Wanita Islam Alkhairaat (WIA) dapat membantu pemerintah dalam memberdayakan perempuan di daerah itu untuk menopang percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

"Kepada pengurus WIA diharapkan dapat menyusun rencana kerja untuk memberdayakan anggota dan kaum perempuan di Sigi," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir saat menyampaikan sambutan pada cara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 WIA Kabupaten Sigi, di Dolo, Selasa.

Basir mengatakan WIA sebagai organisasi keagamaan Islam dan organisasi kemasyarakatan (ormas), serta salah satu badan otonomi Alkhairaat  dapat menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan kualitas hidup masyarakat. 

Menurut dia, sebagai organisasi Islam, WIA tidak hanya berperan dalam menyebarluaskan dakwah Islam di kalangan perempuan dan meningkatkan wawasan perempuan mengenai moderasi beragama. 

"Melainkan juga WIA memiliki peran dalam membangun ekonomi wanita Islam di Kabupaten Sigi melalaui berbagai program pemberdayaan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, di usia 12 tahun ini, WIA perlu melakukan refleksi dan evaluasi program untuk mengoptimalkan peran dalam pembangunan manusia khususnya pada aspek ekonomi.

"Melalui momentum ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri khususnya sebagai kaum perempuan yang berfikir maju dan bertindak rasional serta didasari oleh rasa kasih sayang, sehingga secara simultan akan mendorong WIA menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua WIA Kabupaten Sigi Intje Amas mengatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya terus melakukan inovasi pengembangan, baik di internal organisasi maupun antarorganisasi perempuan di Kabupaten Sigi.

"Yakni bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan serta pemberdayaan ekonomi yang merupakan media sangat ampuh memberikan kontribusi bagi pembangunan mental spiritual dalam keagamaan," ujar dia.

Ia mengatakan WIA Kabupaten Sigi bergerak bersama pemerintah daerah dan komponen masyarakat dalam melakukan kebaikan demi perbaikan dan kemajuan Indonesia pada umumnya dan Sulawesi Tengah serta Kabupaten Sigi pada khususnya. 

"Kepada semua Pengurus WIA di Kabupaten Sigi baik cabang, ranting, maupun anak ranting, agar tetap menjaga dan memelihara silaturahim, semakin bersinergi mengedepankan kepentingan umat daripada kepentingan pribadi," imbuhnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh Basir (tengah) melakukan pemotongan tumpeng pada perayaan ulang tahun ke-12 Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Kabupaten Sigi, di Dolo, Selasa (22/8/2022). (ANTARA/HO- Prokopim Setda Pemkab Sigi)