Pemkab Parigi Moutong Sulteng matangkan persiapan Hari Ikan Nasional

id Harkanas, pemkabparimo, dkpparimo, Moh Nasir, perikanan, perikanan tangkap,Kkp,Sulteng, ikan

Pemkab Parigi Moutong Sulteng  matangkan persiapan Hari Ikan Nasional

Ilustrasi - Salah satu petambak udang vaname di Parigi Moutong melihat tambak udangnya yang baru ditebar benur udang sebanyak 350 ribu benur menggunakan sistem teknologi intensif, Senin (21/3/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, terus mematangkan persiapan penyelenggaraan acara Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2022 yang jadwalkan berlangsung di daerah tersebut pada bulan November mendatang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong Moh Nasir yang dihubungi dari Palu, Kamis, menjelaskan, saat ini pemerintah setempat terus membangun koordinasi dengan Pemerintah Sulteng serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) guna mempertegas bagian-bagian mana yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) dan pusat.

Hal tersebut, lanjut Nasir, sebagaimana arahan Menteri Kelautan dan Perikanan yang menunjuk Sulawesi Tengah dan Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan.
 
Oleh karena itu, ujar dia, pematangan acara terus digodok yang mana dalam pelaksanaannya nanti memuat sejumlah rangkaian kegiatan di antaranya lomba memasak tingkat nasional, kemudian lokakarya tentang perikanan, pameran hasil produksi perikanan serta serta sejumlah acara seremonial lainnya.
 
"Giat ini berlangsung tanggal 19-21 November dengan menghadirkan tamu dari 34 provinsi di tanah air. Sebagai tuan rumah tentunya kami mengemas kegiatan ini sebaik dan semeriah mungkin supaya berkesan terhadap tamu," ujar Nasir.

Ia mengemukakan, kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong juga akan memamerkan sejumlah produk olahan perikanan salah satunya krispi ikan bandeng, yang bahkan bahan bakunya diambil bersumber dari petani tambak di daerah itu.

Termasuk, lanjut Nasir, Dinas Koperasi dan UMKM setempat juga ikut ambil bagian sebagai bentuk dukungan, sebab kelompok usaha binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut tidak sedikit memiliki produk olahan perikanan.
 
"Kegiatan pendukung lainnya dilaksanakan pasar rakyat untuk meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat dengan mengatakan momen Harkanas," ucap Nasir.
 
Ia menambahkan, potensi kelautan dan perikanan Parigi Moutong cukup besar, yang mana daerah tersebut memiliki garis pantai sepanjang 472 kilometer berbatasan dengan Provinsi Gorontalo pada bagian Utara dan berbatasan dengan Kabupaten Poso di bagian Selatan.
 
Menurut data DKP, sektor perikanan tangkap dan budi daya perikanan cukup seimbang, yang mana kabupaten ini memiliki luas tambak udang vaname dengan pola tradisional sekitar 7.189 hektare dari luas potensi lahan 10.816 hektare dengan rata-rata produksi per tahun 4 ribu ton.
 
Lalu, sektor perikanan tangkap dengan jumlah nelayan kurang lebih 9 ribu orang. Selain itu, ada pula budi daya rumput laut oleh masyarakat pesisir mampu memproduksi sekitar 13 ribu ton daun basah pada dua jenis rumput laut yakni eucheuma cottonii dan eucheuma spinosum.
 
"Kegiatan perikanan oleh warga setempat cukup komplit, ada yang memanfaatkan budi daya perikanan air tawar maupun perikanan air asin. Sektor-sektor ini memberikan kontribusi positif terhadap daerah," kata Nasir.