Pemkab Mukomuko imbau warga waspadai bencana hidrometeorologi

id Mukomuko,Pemkab Mukomuko imbau warga waspadai bencana,warga waspadai bencana angin kencang,waspadai angin kencang

Pemkab Mukomuko imbau warga waspadai bencana hidrometeorologi

Angin kencang menerpa Desa Ujung Padang, Kabupaten Mukomuko, Sabtu (28/1/2023) ANTARA/Ferri.

Mukomuko (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengimbau warga terutama yang melaut agar waspada dan menyiapkan diri menghadapi angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi  sejak beberapa hari terakhir.
 
"Kita imbau warga waspada angin kencang. Bagi warga yang melaut supaya memperhatikan musim jangan sampai di tengah laut tenggelam," kata Pejabat Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Sabtu.
 
Ia menyarankan, sebaiknya masyarakat nelayan yang ingin tetap melaut saat angin kencang sekarang ini agar membawa/mengenakan alat keselamatan seperti baju pelampung.
 
Sedangkan di darat, katanya, warga wajib mewaspadai pohon tinggi dan jaringan listrik yang dekat tanaman karena bisa berpengaruh terjadinya arus pendek atau korsleting.
 
Ia mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memberikan disposisi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meneruskan informasi dari BMKG terkait cuaca ekstrem yang menerpa daerah ini.
 
Untuk itu, katanya, pemerintah daerah setempat melalui BPBD mengeluarkan surat peringatan kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem yang menerpa.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani mengatakan, instansinya sampai sekarang belum menerima laporan dari warga yang menjadi korban bencana angin kencang.
 
"Sampai saat ini belum ada laporan, tetapi kami tetap memantau situasi dan kondisi daerah ini saat cuaca ekstrem," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia meminta, kepada seluruh kepala desa dan camat di daerah ini wilayahnya yang terdampak bencana angin kencang, melaporkan kepada Instansinya.
 
Selain itu, ia mengatakan, petugas instansi akan terus memantau kondisi warga yang berada di wilayah ini terutama yang di sepanjang pesisir pantai.
 
Ia menyatakan, meskipun saat ini belum ada dampak buruk akibat cuaca ekstrem, namun warga setempat harus tetap siap siaga terhadap kemungkinan pohon tumbang diterpa angin kencang.