Sulsel bantu 100 ton benih padi kepada petani Bulukumba

id gubernur sulsel benih 100 ton bulukumba

Sulsel bantu 100 ton benih padi kepada petani Bulukumba

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan pada kegiatan Sulsel Mager di Bulukumba, Minggu,(5/2/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel.

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membantu sebanyak 100 ton benih padi melalui Program Mandiri Benih kepada petani di Kabupaten Bulukumba.

Mandiri Benih merupakan program prioritas Pemprov Sulsel yang diinisiasi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman untuk memberikan bantuan benih unggul secara gratis dalam upaya mendongkrak peningkatan sektor pertanian.

“Tahun ini, insyaallah kembali disalurkan bantuan Mandiri Benih padi sebanyak 100 ton untuk ditanam pada lahan pertanian seluas empat ribu hektare,” kata Andi di Bulukumba, Minggu.

Benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dengan penangkaran dilakukan di Sulsel oleh Instalasi Kebun Benih milik Pemprov Sulsel bekerja sama dengan para petani penangkar.

Pada 2022, Pemprov Sulsel melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan menyalurkan bantuan Mandiri Benih padi 144,1 ton benih padi yang telah ditanam di lahan pertanian seluas 5.764 hektare di daerah tersebut.

“Alhamdulillah kita telah salurkan bantuan program Mandiri Benih padi sebanyak 144,1 ton kepada petani di Bulukumba. Kini juga telah membuahkan hasil, yang berdampak pada peningkatan hasil pertanian masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba Muh Nurjasman mengatakan program Mandiri Benih padi membantu petani.

Hasil pelaksanaan program itu, produksi petani yang sebelumnya 5 ton per hektare meningkat hingga 5,5 ton bahkan ada yang sampai 7 ton.

"Dengan bantuan ini kami berharap bisa berkelanjutan. Serta ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Sulawesi Selatan dalam hal ini Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, yang telah memberikan bantuan benih kepada petani Bulukumba melalui kegiatan Program Mandiri Benih TA 2022," kata dia.