Sulsel sasar pembangunan teknologi air siap minum di Bulukumba

id gubernur sulsel bulukumba arsinum mager

Sulsel sasar pembangunan teknologi air siap minum di Bulukumba

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (melambaikan tangan) bersama warga mengikuti Sulsel Mager di Bulukumba, Minggu,(5/2/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menjadikan Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu sasaran penyediaan prasarana, sarana, serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum).

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Bulukumba, Minggu, mengatakan ada 11 titik pembangunan arsinum pada tahun ini, salah satunya berlokasi di kabupaten yang akrab disebut Butta Panrita Lopi itu.

“Kita akan membangun penyediaan teknologi pengolahan air siap minum dari 11 unit, salah satunya di Bulukumba. Rencananya akan dibangun di kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu,” katanya.

Penyediaan arsinum melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) ini menjadi salah satu fokus program prioritas Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Selain itu, teknologi pengolahan arsinum juga telah dirasakan oleh masyarakat di Pulau Liukang Loe.

“Alhamdulillah, tahun kemarin juga telah dibangun teknologi arsinum di Pulau Liukang Loe, Desa Bira, Kecamatan Bontoharu. Dan masyarakat telah menikmati manfaatnya,” tuturnya.

Dalam menghadirkan PSU arsinum ini, kata dia, menyasar masyarakat wilayah kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman.

Sebelumnya, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman telah menyerahkan bantuan keuangan Tahun Anggaran 2023 untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bulukumba senilai Rp25 miliar.

Bantuan keuangan itu dialokasikan untuk pembangunan Kolam Labuh Bentenge, pembangunan jalan wisata Pantai Mandala Ria, dan subsidi Trans Andalan Sulsel.

Pembangunan jalan wisata Pantai Mandala Ria ini mendukung ruas Jalan Batu Tongkarayya-Goa Passea di Desa Lembanna, yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.